Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan

Dian Yuliastuti, Siti Masyithoh, Anisa Kusumawardani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan yang meliputi Return On Assets (ROA), Total Assets Turn Over (TATO), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap nilai perusahaan yang menggunakan Tobins Q sebagai indikator nilai perusahaan pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2015. Sampel penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015, sebanyak 10 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Data diperoleh dari laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari hasil uji t variabel Return On Assets (ROA) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan untuk variabel Total Assets Turn Over (TATO), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Kinerja keuangan; nilai perusahaan; industri makanan dan minuman

References


Anzlina, Corry dan Rustam. 2013. “Pengaruh tingkat likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan real estate dan property di bei tahun 2006 – 2008”.Jurnal Ekonomi, 12(1).

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan,Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Firnanda, TaurisinadanOetomoWidi. 2016. “Analisis likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan perputaran persediaan terhadap nilai perusahaan”.Jurnal Ilmu Daz Riset Manajemen, 5(2).

Hanafi, M.M dan A. Halim. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Harmono. 2009. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Veronika, dkk. 2016. “Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan”.Jurnal Administrasi dan Bisnis, 39(1)

http:// www.idx.co.id/

IrayantidanTumbel, 2014. “Analisis kinerja keuangan dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan pada industri makanan dan minuman di BEI”. Jurnal EMBA, 2(3).

Jama’an. 2008, “Teori manajemen keungan, pemasaran, perbankandan SDM”. (http://ekonomi.kabo.biz/2011/07/teori-sinyal.html)

Mahendra. 2011. Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan (kebijakan dividen sebagai variabel moderating) pada perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia. Tesis. Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Novia,E., A. 2013, “Analisis pengaruh Leverage, Efektivitas asset dan Sales terhadap Profitabilitas serta dampaknya terhadap Nilai perusahaan (studi pada perusahaan di Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2007-2011)”. DiponegoroJournal of Management, 2(3).

Ogolmagai, Natalia. 2013. “Leverage pengaruhnya terhadap nilai perusahaan pada industri manufaktur yang go publik di indonesia”.Jurna EMBA. ISSN No. 2302-1174.

Pertiwi, Tri Kartika dan Pratama, Ferry Madi Ika. 2012. “Pengaruh kinerja keuangan, Good CorporateGovernance terhadap nilai perusahaan Food and Beverage”. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan,14(2).

Prasetyorini. 2013. “Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, price earning ratio dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan”. Jurnal Ilmu Manajemen,1(1).

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Medikom.

Putri, Hamdika, dkk. 2016. “Pengaruh rasio likuiditas dan rasio profitabilitas terhadap nilai perusahaan”. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 38(2).

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.

Rompas, Gisela Prisilia. 2013. “Likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas terhadap nilai perusahaan BUMN yang terdaftar di bursa efek indonesia”.Jurnal EMBA. ISSN No. 2303-1174.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sawir, Agnes. 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siswoyo, E. 2012. “Analisis rasio aktivitas terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan metode tobin’s q pada perusahaan kertas yang Go Public di bursa efek indonesia”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen,1(9).

Soliha, Euisdan Taswan. 2002. “Pengaruh kebijakan hutang terhadap nilai perushaan serta beberapa faktor yang mempengaruhinya”.Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Stiyarini. 2016. “Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan jasa telekomunikasi”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. 5(2).

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukaenah. 2014. “Pengaruh earning per share (eps), ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2008-2013”.Jurnal Ilmu Manajemen. 1(3).

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Tjandrakirandan Monika 2014.“Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI”.Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 5(6).

.Weston, J. Fred Copeland Dan Thomas E,2008. Manajemen Keuangan, Edisi Kesembilan. Jakarta. Binarupa Aksara.

Wijaya dan Linawati. 2015. “Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. FINESTA,3(1).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com