Pengaruh kinerja keuangan terhadap pertanggung jawaban sosial perusahaan

Indah Kartika Sari, Yana Ulfah, Ferry Dianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan (size) dan leverage terhadap penngungkapan pertanggung jawaban sosial perusahaan. Populasi  penelitian  meliputi  perusahaan  perbankan  yang  terdaftar  di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015 dengan 90 sampel yang memiliki data laporan tahunan lengkap sesuai yang dibutuhkan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan teknik analisis data berupa  regresi  linier  berganda  yang  dibantu  software  IBM  SPSS  22  per Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel indevenden profitabilitas berpengaruh   terhadap   pengungkapan   tanggung   jawab   sosial   perusahaan dengan  nilai  signiikansi  sebesar  0,000.  Ukuran  Perusahaan  berpengaruh terhadap pengungkapan pertanggung jawaban sosial perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 sedangkan variabel independen Leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan pertanggung jawaban sosial perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,080.


Keywords


Profitabilitas; ukuran perusahaan; leverage dan pengungkapan pertanggung jawaban sosial perusahaan.

References


Anggraini, Fr. Reni Retno. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahmasn (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Prosiding Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Ardiansyah.2014. Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas pada PT Kartika Jala Transportasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda.

Cahya, Bramantya Adhi. 2010. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap tanggung jawab sosial Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrawan, Danu Chandra. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Kasmir. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2002. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kotler, Philip dan Lee, Nancy. 2005. Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley and Sons. Inc.

Kurnianingsih, Heni Triastuti. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis vol.13 No.1 hal 93-111.

Novrianto. 2012. Pengaruh Leverag, iProfitabilitas,dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan informasi sosial pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, VOL 1 No1, Januari.

Pearce & Robinson. 2008. Manajemen Strategis. diterjemahkan oleh Yanivi Bachtiar dan Christine. Salemba Empat. Jakarta.

PSAK No.1. 2009.Tanggung jawab atas Laporan Keuangan.

Rambe, Prima Aprilyani dan Wira, Winata.2013. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Corporate Social Responbility pada Perusahaan Perbankan yang terdafatar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal JEMI. Vol.4 No 2,31-40.

Sari, Damayanti Astika dan Riduwan, Akhmad. 2015. Kinerja Keuangan, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol.4 No. 5.

Sari, Rizkia Anggita.2012. Pengaruh Karakteristik perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal Universitas Negeri Yogyakarta, no 1.I,2012,Hlm. 126.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta). Prosiding Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Setiawati, Erma. Zulfikar dan Artha, Riza. 2013.Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Coorporate Social Responsibility(Survey pada Industri Perbankan di Indonesia). Prosiding Seminar Nasional Akuntansi,Surakarta.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. CV Alvabeta. Bandung

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia. Yogyakarta

Wahyudi, Isa dan Azheri, Busyra. 2008. Corporate social Responbility.CIS. Malang.

Wardhani, Devita Galuh, 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran perusahaan,dan Kinerja Lingkungan terhadap intensitas pengungkapan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar didi BEI. Procceding PESAT. Bandung 8-9 Oktober.

Worotikan, Evelyn Jessica, Topowijono dan Sulasmiyati, Sri. 2013. Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, ROA, DAN DER terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 26. No.2. 1-5.

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i2.1524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com