Pengaruh pemahaman good governance dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor

Veny Marlia, Set Asmapane, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman good governance dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor. Penelitian ini dilakukan di kantor Perwakilan BPKP di Kota Samarinda. Metode pengumpulan sempel menggunakan kuesioner. Uji yang digunakan adalah analisis Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama pemahaman good governance berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja auditor dengan nilai sebesar 0,071, hasil gaya kepemimpinan hipotesis kedua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor dengan nilai 0,000.

References


Arfan, Muhammad. 2010. Pengaruh Kepuasan Kerja, Profesionalisme, dan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Auditor. Fakultas Ekonomi Unsyiah Aceh: Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 195-205.

Armstrong, Michael. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Elexmedia Komputindo. Jakarta

Awaluddin, 2007. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis pada Siswa dengan Kemampuan Matematis Rendah Melalui Pembelajaran Open Ended dalam Kelompok Kecil dengan Pemberian Tugas Tambahan. Tesis PPS UPI.

Awaluddin, Murtiadi. 2013. Pengaruh Independensi dan Kompetensi Auditor terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor Inspektorat Kota Makassar. Makassar: STIM Publik Makassar.

Bailhaqi,Muhammad. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Area Yogyakarta).Skripsi tidak diterbitkan.Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Buchori, Iqbal. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan. Diponegoro: Journal Of Accounting, 1-12.

Dharma, Suryo. (2009). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Elmansyah, Rio. 2010. Pengaruh Independensi, Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi empiris Pada Auditor Pemerintah di BPKP Perwakilan Provinsi Riau).Jurnal Ekonomi Universitas Riau Indonesia, Riau.

Elqorni,Ahmad, 2008.KAIZEN.:“Just in Time Manajemen Jepang” http://elqorni.wordpress.com/2008/04/08/kaizen-%E2%80%9Cjust-in-time-manajemen-jepang%E2%80%9D/

Faisal, 2014. Pengaruh Pemahaman Good Governance dan independensi terhadap kinerja Auditor Pemerintah. Sulawesi selatan.

Fanani, dkk. 2009. Pengaruh Struktur Audit, Konflik Perang, dan Ketidakjelasan Peran terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.

Henry dalam Yuskar (2011) Budaya Organisasional dan Sistem Pengukuran Kinerja

Hofstede, Geert.1980. Cuture’s Cosnsequences : International Differences in Work-Related Values. California: Sage Publicat

Hopwood, A.G. 1976. Accounting and Human Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall

Ghozali, 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, cetakan. Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ikhlas, 2014. Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja auditor. Makasar.

Ikhsandan Ishak.2005.Akuntansi Keperilakuan Edisi Indonesia.SalembaEmpat, Jakarta.

Ismail, 2014. Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor. Yogyakarta.

Jogiyanto dan Abdillah 2009. Metodologi Penelitian Bisnis, Salah Kaprahdan Pengalaman-pengalaman, edisi pertama, Yogyakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.UGM.

Kartika, Rahmawati, 2011. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada AJB Bumi Putera 1912 Cabang Pasuruan.

Koesmono H, Teman, 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Ekspor di Jawa Timur. Disertasi. Universitas Air Langga, Surabaya.

Lomanto, S. S., 2012, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dengan Moderasi Locus of Control dan Kejelasan Tugas pada Peran Auditor Yunior, JurnaI Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol. 1, No. 1, Januari: 21-25.

Luthans, Fred. 1995. Organizationala Behavior. Mc Graw Hill International, New York.

Melati, Irma. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Studi Empiris Pada Kementrian Keuangan Kantor Wilayah Jawa Tengah). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Nirman, 1996, Teori Budaya Organisasi, Cetakan Pertama, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Noveri ,Helsa 2008. Pengaruh Pemahaman Good Governance dengan Independensi Auditor, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi dengan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Terhadap Kinerja Auditor Internal. Masters thesis, Pasca Sarjana. Universitas Andalas, Semarang.

Pratikto, Adji. 2012. Pengaruh Budaya terhadap Kinerja Perekonomian. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya: Buletin Studi Ekonomi.

Pratama, Hakim Glarandhy 2012. Pengaruh Ukuran KAP, Profitabilitas, Komite Audit, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Manufaktur di BEI.

Purwoko, dkk. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Karyawan pada PT TRI MANDIRI SELARAS. Samarinda: Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Purba, Irwandi, 2013. Pengaruh Independensi, komitmen organisasi , pemahaman Good Governance dan Budaya organisasi terhadap kinerja auditor Pemerintah BPKP Riau.

Rahmansyah Ritonga, 2013.Optimimalisasi Audit Kinerja Instansi Pemerintah

Robbins, Stephen P, Timothy A Judge 2008. Perilaku Organisasi PT Salemba Empat, Jakarta.

Sapariyah, Ani, R, 2011. Pengaruh Good Governance dan Independensi Auditor Terhadap Kinerja Auditor dan Komitmen Organisasi. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan, Vol 10, No.16.

Solimun. (2010). Analisis Multivariat Pemodelan Struktural Metode Partial Least

Squere. Malang : CV. Citra.

Suryo Pratolo, 2009. Pengaruh Audit Manajemen, Komitmen Organisasional Manajer, Pengendalian Intern Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Dan Kinerja BUMN di Indonesia.

Trisnaningsih, Sri. 2007 Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. Simposium Nasional Akuntansi X, Makassar.

Uno, H. B dan Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, Rizki. 2013. Pengaruh Independensi, Kompetensi, Profesionalisme, dan sensitivitas Etika Profesi Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan).

Wati,dkk. 2010. Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi Pada Auditor Pemerintah Di BPKP Perwakilan Bengkulu. Simposium Akuntansi Nasional XII Purwokerto.

Zulita, Sari 2013. Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Socefin Indonesia Medan. Diakses Pada 2013.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i2.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com