Penentuan harga jual kayu bulat (logs) per m3 dengan metode cost - plus pricing

Fatimah Fatimah, Hamid Bone, Ferry Diyanti

Abstract


Keputusan penetuan harga jual produk atau jasa merupakan salah satu jenis pengambilan keputusan manajemen yang penting. PT. Harapan Kaltim Lestari merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor perkayuan dan industri pengolahan kayu,perusahaan ini mengolah kayu bulat (logs) sebagai produk utamanya. Rumusan masalah skripsi ini adalah apakah analisis terhadap harga jual kayu bulat (logs) per M3 dengan menggunakan metode penentuan harga jual normal (cost-plus pricing) berdasarkan konsep biaya total (total cost) lebih rendah atau lebih tinggi dari pada harga jual yang ditentukan oleh perusahaan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan besarnya harga jual kayu bulat (logs) per M3 antara harga jual yang diterapkan perusahaan dengan harga jual yang dihitung  dengan metode penentuan harga jual normal berdasarkan konsep biaya total (Total cost), oleh karena itu harga jual perusahaan perlu dianalisis menggunakan metode penentuan harga jual normal (Cost-plus pricing) berdasarkan konsep biaya total (total cost). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa harga jual kayu bulat pada PT. Harapan Kaltim Lestari pada tahun 2013 untuk jenis kayu meranti adalah Rp. 1.177.155, sedangkan pada tahun 2014 untuk jenis kayu meranti adalah sebesar Rp. 1.655.129 dan untuk jenis rimba campuran adalah sebesar Rp. 2.447.594. Jika dibandingkan dengan harga jual kayu bulat (logs) per M3 menurut metode penentuan harga jual dengan pendekatan cost-plus (cost-plus pricing) berdasarkan konsep biaya total tahun 2013 untuk jenis kayu meranti adalah sebesar Rp. 1.879.467 selisih harga jual sebesar Rp. 702.312. sedangkan pada tahun 2014 untuk jenis kayu meranti adalah sebesar Rp. 3.284.285 selisih harga jual sebesar Rp. 1.629.156 dan jenis kayu rimba campuran adalah sebesar Rp. 3.156.443 selisih harga jual sebesar Rp 708.849. Dengan metode ini perusahaan dapat dengan jelas menghitung dan mengetahui seluruh komponen biaya yang terdapat dalam penentuan harga jualanya, sehingga perusahaan dapat dengan jelas dan pasti untuk mencapai target laba yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Keywords


Harga jual; laba; pendapatan; biaya; metode pendekatan cost-plus

References


Atkinson, Anthony A., Robert S. Kaplan., Ella Mae Matumura., dan S. Mark Young., 2009. Akuntansi Manajemen. Edisi Kelima. PT. Indeks : Jakarta.

Bastian Bustami dan Nurlela, 2007.Akuntansi Biaya Teori dan Aplikasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Charles T, Horngren. 2008. Akuntansi Biaya. Edisi 12, Erlangga, Jakarta.

Dunia Firdaus Ahmad dan Wasilah, 2012.Akuntansi Biaya. Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Halim, Abdul., Bambang Supomo., dan Muhammad Syam Kusufi., 2011 Akuntansi Manajemen. Edisi Kedua, Yogyakarta, BPFE.

H. B, Siswanto., 2007. Pengantar Manajemen. Bumi Aksara : Jakarta.

Horngren, Charles T., Srikant M. Datar., dan George Foster., 2006. Akuntansi Biaya(Penekanan Manajerial). Jilid 1, Edisi Keduabelas. Erlangga : Jakarta.

Islahuzzaman., 2012. Istilah-istilah Akuntansi & Auditing. Bumi Aksara : Jakarta.

Irawati, Susanti., 2009. Akuntansi Biaya, Penerbit Pustaka, Bandung.

Krismiaji dan Aryani, 2011.Akuntansi Manajemen. Edisi Kedua, Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Akuntansi Manajemen. Edisi Ketiga, Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Mulyadi., 2009. Akuntansi Biaya. Edisi 6, STIE YKPN, Yogyakarta.

Rudianto., 2008. Pengantar Akuntansi : Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan, Erlangga, Jakarta.

Simamora, Hendry., 2007. Akuntansi Manajemen. Cetakan Pertama, Jakarta: Selemba Empat.

Supriyono, R.A., 2007. Akuntansi Biaya : Pengumpulan Biaya & Penentuan Harga Pokok. Buku Kesatu, Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas. BPFE-UGM Yogyakarta.

S. P. Hasibuan, Malayu., 2007. Manajemen (Dasar, Pengertian & Masalah). Bumi Aksara : Jakarta.

Widilestariningtiyas, O, Anggadini, S.D, & Firdaus, D.W, 2012. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i2.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com