Faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kinerja auditor pemerintah pada salah satu aparat pengawas internal pemerintah (APIP)

Hermansyah Hermansyah, Hamid Bone, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal yang meliputi kompetensi, komitmen organisasi, motivasi dan eksternal yang meliputi gaya kepemimpinan, budaya organisasi, sistem reward yang berpengaruh terhadap kinerja auditor pemerintah, yang menjadi populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode total sampling yang berjumlah 99 auditor. Untuk memperoleh informasi atau data yang dapat diuji kebenarannya secara relevan dan lengkap, penelitian ini menggunakan metode penelitian teknik kuesioner, penelitian kepustakaan, mengakses website dan situs-situs yang menyediakan informasi sehubungan dengan masalah dalam penelitian. Kuesioner dibagikan kepada 99 auditor yang memiliki sertifikat jabatan fungsional auditor (JFA) dan dari 99 kuesioner yang dibagikan terdapat 69 kuesioner yang tidak diisi, sehingga total kuesioner yang dapat diproses untuk penelitian ini sebanyak 30 buah. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan metode penelitian Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat analisis partial least square (PLS) untuk menguji faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kinerja auditor pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian mengenai faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kinerja auditor pemerintah pada salah satu aparat  pengawas internal pemerintah (APIP) di provinsi Kalimantan timur maka dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi (X1), komitmen organisasi (X2), dan motivasi (X3)  berpengaruh secara positif dan signifikan, hal ini menunjukkan bahwa semakin auditor berkompeten, mempunyai komitmen yang tinggi dan motivasi maka kinerja auditor yang di hasilkan semakin baik pula, sementara variabel gaya kepemimpinan (X4) budaya organisasi (X5) mempunyai arah hubungan yang negatif terhadap kinerja auditor artinya setiap orang dalam organisasi pasti memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda, seperti kebiasaan dalam diri setiap orang tidak sama meskipun organisasi telah menetapkan visi dan misi yang harus tercapai oleh setiap anggota organisasi. Variabel sistem reward (X6) juga mempengaruhi kinerja auditor secara negatif dan tidak signifikan artinya auditor BPKP Provinsi Kalimantan Timur yang berstatus sebagai PNS memiliki konsep bahwa peran mereka sebagai BPKP tidak memiliki hubungan dengan gaji diperoleh karena sistem penggajian yang ditetapkan pada PNS telah memiliki aturan yang baku.


Keywords


Kompetensi; komitmen organisasi; motivasi; gaya kepemimpinan; budaya organisasi

References


Abdurrahman, 2014. Pengaruh Kompetensi, Stres Kerja, Komitmen Organisasi, dan Sistem Reward Terhadap Kinerja Auditor Studi Pada BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Agoes, Sukrisno, dan I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis dan Profesi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Alim Nizarul, Trisni Hapsari, Liliek Purwanti. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi pada KAP di Wiliyah Jawa Timur. Simposium Nasional Akuntansi X, Makassar.

Asih, Rike Dewi. 2006. Pengaruh Interaksi Locus Of Control Auditor dan Struktur Audit Terhadap Kinerja Auditor, Studi pada KAP di Kota Surabaya dan Malang. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Akuntansi. Vol.3, No.2.

Ayuningtyas Harvita Yulian, Sugeng Pamudji. 2012. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas dan Kompetensi Terhadasp Kualitas Hasil Audit pada Auditor Inspektorat Kota/Kabupaten di Jawa Tengah. Jurnal Akuntansi. Vol.1, No.2.

Biantoro Linda Chandra, Ranto P Sihombing. 2012. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Anteseden pada Kantor Akuntan Publik di Semarang. Jurnal Akuntansi Bisnis. Vol.XI, No.21.

Fitriany, Lindawati Gani, Sylvia Veronika Siregar, Arywarti Marganingsih, Viska Nanggraita. 2011. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Auditor dan Hubungannya Dengan Kinerja dan Keinginan Berpindah Kerja Auditor (Survey pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol.8, No.2.

Gibson James. L, Ivancevich John M dan Donnely James H, Jr. 1996. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Terjemahan. Jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Gitosudarmo, Indriyo dan I Nyoman Sudita. 2008. Perilaku Organisasi Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Andi offset. Yogyakarta.

Handayani Dwi. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Auditor Pemerintah Studi Pada BPKP Provinsi Sumatra Utara. Jurnal Akuntansi. Vol.1, No.1.

Hanna Elizabeth, Friska Firnanti. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Auditor pada BPKP Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol.15, No.1.

Ikhlas Andi. 2014. Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman good governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor pada BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Ikhsan dan Ishak, Muhammad. 2005. Akuntansi Keperilakuan. Salemba Empat. Jakarta.

Kartika, Endo Wijaya. 2011. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Studi Kasus Pada Karyawan Restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya), Jurnal Ekonomi. Vol.12, No.1.

Lina Dewi. 2014. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor dengan Sistem Reward Sebagai Variabel Moderating pada BPKP. Universitas Muhammadiyah Sumatera. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol.14, No.1.

Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mahsun, Mohammad, Firma Sulistyowati, dan Heribertus A.P. (2007). Akuntansi Sektor Publik. Edisi Kedua. BPFE: Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Pertama. PT. Refika Aditama Bandung.

Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2006). Manajemen Sumber Daya

Manusia, Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Mindarti Ceaccillia Sri. 2015. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol XVII. No.16.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2008, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Pujaningrum Intan. 2012. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Auditor Atas Penyimpangan Perilaku Dalam Audit Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang. Jurnal Akuntansi. Vol.1, No.1.

Ray, I Gusti Agung. 2011. Audit Kinerja Pada Sektor Publik, Salemba Empat, Jakarta.

Robbins Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi Edisi kesepuluh. PT. Indeks. Jakarta.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi I. Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta

Robbins, Stephen P. 2011. Perilaku Organisasi. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Sapariyah, Rina Ani. 2011. Pengaruh Good Governance dan Independensi Auditor Terhadap Kinerja Auditor dan Komitmen Organisasi pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan, Vol.19, No.16.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung.

Sujana Edy. 2012. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kesesuaian Peran, gaya kepemimpinan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor pada BPKP Provinsi Sumatra Utara. Jurnal Akuntansi Vol. 2, No.1.

Sukmawati, Nurjaya Gani. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Keputusan Kerja, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Koperasi Karyawan pada PT. Telkom Siporennu Makassar. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol.3, No.3.

Sunyoto, Danang. 2012. Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Caps (Center for Academic Publishing Servicei). Yogyakarta.

Sutrisno, Edy, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2, Jakarta. Jakarta.

Suwatno dan Donni Juni Priansa. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Trisnaningsih, Sri. 2004. Independesi Auditor dan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.

Tugiman, Hiro. 2006. Standar Profesional Audit Internal, Edisi Kelima, Kanisius, Yogyakarta.

Wanadri Chandra, Cristina Dwi Astuti. 2015. Pengaruh Budaya Organisasas Integritas, motivasi, Good Governance, Independensi, Sistem Reward Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Akuntansi Trisakti. Vol.2, No.2.

Wati Elya, Lismawati, dan Nila Aprilia. 2010. Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Salemba Empat. Jakarta.

Zaenal Fanani. 2008.”Pengaruh Struktur Audit, Konflik Peran, dan Ketidak Jelasan Peran Terhadap Kinerja Auditor”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol.5, No.2.

Zeyn, Elvira. 2010. Pengaruh Good Governance dan Standar Akuntansi Pemerintahan Terhadap Akuntabilitas Keuangan dengan Komitmen Organisasi sebagai Pemoderasi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. April, Vol.1, No.1.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com