Pengukuran kinerja sektor publik di instansi pemerintahan dengan pendekatan balanced scorecard

Afridho Basugis, Set Asmapane, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pencapaian kinerja proses penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Samarinda berdasarkan Balanced Scorecard, dimana hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan meteri pemetaan dalam membuat rencana strategik dan pengambilan keputusan pimpinan pengelola SMA Negeri 1 Samarinda untuk proses penyelenggaraan pendidikan di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak SMA Negeri 1 Samarinda telah melaksanakan kinerjanya secara baik, adalah sebuah prestasi bagi sekolah ini karena selalu menduduki peringkat 3 besar sebagai sekolah terbaik di kota Samarinda namun untuk mencapai peringkat teratas, SMA Negeri 1 Samarinda harus lebih mendorong kembali dan menciptakan target yang lebih tinggi lagi untuk pencapaian masing-masing perspektif kinerjanya.


Keywords


Pengukuran kinerja; balanced scorecard

References


Bastian, Indra, 2008. Akutansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Erlangga, Jakarta.Robertson, 2002. Perwujudan Akuntabilitas Instansi Pemerintah, Edisi Perrtama, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mahmudi, 2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Cetakan Kedua, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Effendi, Rizal, 2012. “Pengukuran Kinerja Sektor Publik dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel)”.

Ulum, Ihyaul., M.D. 2009. Audit Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.

Raharjo, Eko, 2007. Teori Agensi dan Teori Stewardship dalam Perspektif Akutansi.

Gaspersz, Vincent. 2013. All-in-one 150 Key Performance Indicator and Balanced Scorecard, Malcolm Baldrige, Lean Six Sigma Supply Chain Management, Cetakan pertama. Tri-Al-Bros Publishing, Bogor

Stolovitch, Harold D, and Keeps, Erica J., 1992. Handbook of Human Performance Technology A Comprehensive Guide for Analysis and Solving Performance Problem in Organizations. San Francisco: Jersey Bass Publisher.

Mardiasmo., 2009. Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com