Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi pada Perusahaan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia

Monalisa Ben Paembonan, Rande Samben, Ledy Setiawati

Abstract


Akuisisi adalah pengambilalihan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau asset suatu perusahaan oleh perusahaan lain, dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambilalih atau yang diambil alih tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi.Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan rasio Net Profit Margin, Return On Asset, Return On Equity, Earning per Share, Total Asset Turn Over, Current Ratio dan Debt to Ratio. Penelitian ini mengambil populasi dari semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian ini terdiri dari 17 perusahaan yang melakukan akuisisi pada tahun 2013. Laporan keuangan diperoleh melalui situs www.idx.co.id dan ringkasan laporan keuangan dalam Indonesian Stock Exchange (IDX). Berdasarkan penelitian setelah dilakukan akuisisi, dapat disimpulkan bahwa NPM, ROE dan DER tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik sebelum dilakukan akuisisi maupun setelah dilakukan akuisisi. Kemudian pada ROA, EPS, TATO dan CR terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan akuisisi


Keywords


Perbandingan; kinerja keuangan; akuisisi

References


Abdul Moin. 2003. Merger, Akuisisi dan Divertasi. Edisi 1, Ekonisia, Yogyakarta

Annisa Dewi Ashary. 2012. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Melakukan Merger Pada Perusahaan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Universitas Widyatama.

Arviana, Betty, 2009. “Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan sebelum dan sesudah merger (Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur di BEI)”. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

David, Fred R, 1998. Strategic Management. Sixth Edition. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Fahmi Irfan, Analisis Laporan Keuangan, Alfabeta, Bandung, 2012

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, Lawrence J. 2006, “Principles of Manajerial Finance”, International Edition, 10th edition, Pearson Education, Boston.

Harianto dan Sudomo, (2001). Merger dan Akuisisi. Jurnal Manejemen.

Hitt, Michael A., Horisson, Jeffrey S., Ireland, R. Duane. (2002). Merger dan Akuisisi Panduan Meraih Laba Bagi Para Pemegang Saham. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Jogiyanto, Hartono, 2005.Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta.

Tricahyadinata, I. (2016). Indeks harga saham gabungan (ihsg) dan jakarta interbank offered rate (jibor); kinerja reksadana campuran. INOVASI, 12(2), 281-310.

Mahmud M. Hanafi dan Abdul Halim. (2001). Analisis Laporan Keuangan.Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mulyadi, 2007.Sistem Akuntansi, Jakarta: Selemba Empat.

Nugroho, Muhammad, Aji, 2010, Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan perusahaan Sebelum dan Sesudah merger dan Akuisisi, Skripsi Fakultas Ekonomi UNDIP (Dipublikasikan)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No.27 Tahun 1998, tentang Penggabungan, Peleburan dan Pengambilalihan Perseroan Terbatas.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 22 Tahun 1999, Ikatan Akuntan Indonesia, 1999.

S. Munawir,2007, Analisa Laporan Keuangan. Liberty, Yogyakarta.

Setyani, Yeni. (2006). “Pengaruh Merger dan Akuisisi terhadap Perubahan Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 1998-2005”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Widjaja, Gunawan, Merger dalam Perspektif Monopoli, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002

Widjanarko, Hendro. 2006. “Merger, Akuisisi dan Kinerja Perusahaan Studi Atas Perusahaan Manufaktur Tahun 1998-2002.” Utilitas, Vol 14 No. 1 (Januari). Hal. 39-49

Widyaputra, Dyaksa. 2006. Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan & Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Dipenogoro (tidak dipublikasikan), Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com