Pengaruh penyajian laporan keuangan daerah dan aksesibilitas laporan keuangan terhadap penggunaan informasi keuangan daerah

Melati Pertiwi Lahay, Yunus Tete Konde, Ledy Setiawati

Abstract


Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menjelaskan pengaruh penyajian laporan keuangan daerah , dan aksesibilitas laporan keuangan daerah terhadap penggunaan informasi keuangan daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggota DPRD, Badan Pengawas Keuangan Daerah, Masyarakat (Mahasiswa dan LSM). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 orang. Hal tersebut berdasarkan metode penyaringan sampel yang digunakan yaitu metode proposional stratified random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi   linear berganda dengan menggunakan alat statistik Partial Least Square (PLS). Hasil dari  penelitian  menunjukkan  bahwa  semua  indikator  yang  di  uji  valid.  serta penyajian    laporan    keuangan    daerah    berpengaruh    signifikan terhadap penggunaan informasi keuangan daerah dan aksesibilitas laporan keuangan daerah   berpengaruh   siginifkan   terhadap   penggunaan   informasi   keuangan daerah.



Keywords


Penggunaan informasi keuangan daerah; penyajian laporan keuangan daerah; aksesibilitas laporan keuangan daerah

References


Abdillah, W Jogiyanto, H.M, 2009. Konsep dan Aplikasi Partial Least Square (PLS) Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada.

Achmad, Tarmizi. 2012. Dewan Komisaris dam Transparansi. Teori Keagenan atau Teori Stewardship? Jurnal Keuangan dan Perbankan.

Bandariy, Himmah . 2011. Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah dan

Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Penggunaan Informasi Keuangan Daerah (Studi Empiris Kabupaten Eks Karesidenan Banyumas), Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, Imam . 2008. Structural Ecuation Modeling – Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro ; Semarang.

Hartina, Silka . 2009. Analisis Penyajian Laporan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kabupaten Langka (Studi Empiris Kabupaten Langka), Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Mardiasmo, 2005. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Mulyana, Budi. 2006. Pengaruh Penyajian Neraca Daerah dan Aksesbiltas Laporan Keuangan Terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Jurnal Akuntansi Pemerintah. Jurnal Akuntansi Pemerintahan Volume 2, PP, 65-78

Novia, Siswita 2015. Kebutuhan Informasi Pengguna Laporan Keuangan Pemerintah Kota Padang (Studi Empiris pada DPRD dan SKPD se-Kota Padang).Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Tricahyadinata, I. (2016). Indeks harga saham gabungan (ihsg) dan jakarta interbank offered rate (jibor); kinerja reksadana campuran. INOVASI, 12(2), 281-310.

Rohman, Abdul. 2009. Pengaruh Implementasi Sistem Akuntansi, Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Fungsi Pengawasan dan Kinerja Pemerintah Daerah (Survey Pada Pemerintah Daerah di Jawa Tengah). Jurnal Akuntansi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com