Pengaruh perputaran modal kerja dan efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Indah Novitasari, Irwansyah Irwansyah, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan pada kelompok industri manufaktur ini didasarkan pada alasan bahwa industri manufaktur merupakan kelompok emiten yang terbesar dibandingkan kelompok industri yang lain, sehingga dengan asumsi semakin besar objek yang diamati maka akan semakin akurat hasil penelitian. Perusahaan manufaktur membutuhkan pengelolaan terhadap modal kerja secara lebih efisien. Hal ini disebabkan karena perusahaan manufaktur biasa mengembangkan lebih dari separuh total aktivanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perputaran modal kerja dan pengaruh efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan, yang ditentukan berdasarkan metode Purposive Sampling periode 2011-2015. Data ini merupakan data sekunder yang diambil dari IDX (Indonesia Stock Exchange). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas, analisis data menunjukkan pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas negatif. Sedangkan efisiensi modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas, analisis data menunjukkan pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas positif.


Keywords


Perputaran modal kerja; efisiensi modal kerja; profitabilitas

References


Ati, Susanti. 2006. Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap terhadap Profitabilitas, Skripsi. Universitas Siliwangi.

Bambang, Riyanto. 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta.

Dewa, Putu Kumara, dan Saputra, I Dewa Gde Dharma. 2014. Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap terhadap Profitabilitas Koperasi Serba Usaha, Skripsi. Universitas Udayana.

Etta Mamang, Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dalam Penelitian). Andi, Yogyakarta.

Farah, Margaretha. 2011. Manajemen Keuangan untuk Manajer Nonkeuangan. Erlangga, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Imam, Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Indriyo, Gitosudarmo dan Basri. 2008. Manajemen Keuangan. BPFE, Yogyakarta.

Irwan, Gani dan Siti, Amalia. 2015. Alat Analisis Data Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Andi, Yogyakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

______ 2010. Pengantar Manajemen Keuangan.Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Lutfi Jaya, Putra. 2013. Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas (Studi Kasus: PT Indofood Sukses Makmur Tbk.), Skripsi, Universitas Gunadarma.

Muhammad, Salam. 2015. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Efisiensi Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. Universitas Mulawarman.

Nike, Ismiati, Zarah, Puspitaningtyas dan Ika, Sisbintari. 2013. Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabiltas Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012), Skripsi. Universitas Jember.

S, Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Liberty, Yogyakarta.

Suad, Husnan. 2006. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan Keputusan Jangka Panjang. BPFE, Yogyakarta.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan (Teori Konsep & Aplikasi), Edisi Pertama. Ekonisia, Yogyakarta.

Zaki, Baridwan. 2010. Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Cetakan Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Zulfirayanti, Abas. 2013. Pengaruh Efisiensi Modal Kerja terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI, Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v0i0.1377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com