Pengaruh karakteristik dan tata kelola perusahaan terhadap pengungkapan laporan keberlanjutan

Adinda Nur Afifah, Isna Yuningsih, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, komite audit, dan komite tata kelola terhadap keterbukaan laporan keberlanjutan terhadap perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel perusahaan yang menerbitkan laporan keberlanjutan pada tahun 2013-2015 adalah 14 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan periode 2013-2015 yang telah dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan dipublikasikan di situs masing-masing perusahaan. Alat analisis untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan komite tata kelola memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterbukaan laporan keberlanjutan. Sementara itu profitabilitas, likuiditas, umur perusahaan, dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap keterbukaan laporan keberlanjutan.

 


Keywords


Laporan keberlanjutan; profitabilitas; likuiditas; ukuran perusahaan; usia perusahaan; komite audit; komite tata kelola

References


Almila, Luciana Spica. 2008. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Sukarela Internet Finacial And Sustainability Reporting”. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia Vol 12 No. 2. STIE Perbanas Surabaya.

Effendi, Muh.Arief. 2016. The Power of Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Fahriza, Romi. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Sustainability Report (Studi Pada Perusahaan High Profile di BEI Tahun 2009-2013). Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Global Reporting Initiative (GRI). (2015). About Sustainability Reporting. Diakses melalui situs http://www.globalreporting.org

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2014. Teori Akuntansi. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hartono, Jogiyanto. 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: BPFE

Idah. 2013. Peran Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sustainability Report Pada Perusahaan Terdaftar Di BEI Periode 2010-2011. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Jalal. 2010. Pelaporan Keberlanjutan dan Standar GRI-G3 – Sebuah Tinjauan. Disampaikan dalam Pelatihan Pelaporan Keberlanjutan Berdasarkan Standar GRI-G3. Bogor 29-30 September 2010. Diakses melalui situs http://www.csrindonesia.com

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Komite Nasional Kebijakan Governance. 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia. Jakarta.

Kusumaatmaja. 2014. Sustainability Reporting Award (SRA) 2014. Diakses melalui situs http://sra.ncsr-id.org/sustainability-reporting-award-sra-2014/

Luthfia, Khaula. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Corporate Governance Terhadap Publikasi Sustainability Report. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 55/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit.

Pujiastuti. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Sustainability Report”. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Volume 2 No. 1. 2015.

Purwanto, Agus, “Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Terhadap Corporate Social Responsibility”, Jurnal Akuntansi dan Auditing Volume 8 No.1, November 2011:1-94.

Puspitaningrum, Ayu dan Prastiwi, Arum, “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Internet Financial and Sustainability Reporting(IFSR)”, Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. 2013.

Puspowardhani. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Corporate Governance Terhadap Publikasi Sustainability Report. Skripsi. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Laporan Tahunan Emiten atan Perusahaan Publik.

Ratnasari, Yunita. 2011. Pengaruh Corporate Governance terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di dalam Sustainability Report. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Shehata, Nermeen F., Khaled Dahawy, dan Tariq Ismail. 2014. The Relationship Between Firm Characteristics an Mandatory Disclosure Level: When Egyptian Accounting Standards were First Adopted. Mustang Journal of Accounting and Finance, Vol. 5, hal. 85-103.

Suryono, Hari. 2011. Pengaruh Karakteristik dan Corporate Governance (CG) Terhadap Pengungkapan Sustainability Report (SR). Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Sutedi, Adrian. 2011. Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Tristanti, Leony Levancy. 2012. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Sukarela. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Wallace, R. S. Olusegun, Kamal Naser, dan Araceli Mora. 1994. The relationship Between the Comprehensiveness of Corporate Annual Reports and Firm Characteristics In Spain. Accounting and Business Research, Vol. 25, No. 97, hal. 41-53.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com