Pengaruh raso keuangan terhadap investment opportunity set

Peni Mahditiari, Sri Mintarti, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Studi ini meneliti pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas terhadap Investment opportunity Set (IOS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tentang (a) pengaruh rasio likuiditas terhadap investment opportunity set, (b) pengaruh rasio aktivitas terhadap investment opportunity set, (c) pengaruh rasio profitabilitas terhadap investment opportunity set, (d) pengaruh rasio solvabilitas terhadap investment opportunity set. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode tahun 2013-2014. Sampel penelitian adalah sebanyak 21 perusahaan dengan 42 observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis statistik deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk memberikan gambaran atau deskripsi mengenai nilai maksimum, nilai minimum, nilai rata-rata dan standar deviasi terhadap variabel rasio keuangan terhadap investment opportunity set (IOS). Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa rasio likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Investment opportunity set. Pada rasio aktivitas menunjukan bahwa rasio aktivitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Investment opportunity set. rasio profitabilitas menunjukan bahwa rasio profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Investment opportunity set. rasio solvabilitas menujukan bahwa rasio solvabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Investment opportunity set.


Keywords


Rasio likuiditas; rasio aktivitas; rasio profitabilitas; rasio solvabilitas

References


AlNajjar dan Ahmed Riahi Belkaoui. 2001. Empirical Validation of a General Model of Growth Opportunities. Journal of Managerial Finance. Vol. 27, No.3, pp.72 – 99.

Anggraini, Anggi.R. 2012. Pengaruh Siklus Hidup dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya Malang.Vol.1,No.2

Arifin,Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran.Bandung. PT.Remaja Rosdakarya.

Ayuningtyas, Merinda.N. 2010, Pengaruh Arus kas Operasi kas terhadap Devidend Payout dalam kaitannya dengan siklus Hidup Perusahaan, Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Azwar,Saifuddin (2014). Realiabilitas dan Validitas (edisi IV). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Chandra, Elvia. 2012, Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Investment Opportunity Set (IOS) dalam Tahapan Siklus Kehidupan BEI, Jurnal ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol 1, No.1.Januari.

Endiana,I Dewa Made, Badiartha, I ketut dan Astka, Putra I.B, 2011.Pengaruh Pertumbuhan penjualan di setiap siklus Hidup pada hubungan IOS dengan Deviden tunai. Tesis pasca sarjana universitas Udayana.

Fahmi, Ihram. 2012. Analisis laporan keuangan. cetakan ke-2.Bandung: Alfabeta.

Gaver,JJ and Gaver,K.M.1993. Additional Evidence on the Association between the Investment Opportunity Set and corporate financing, dividend, and compensation policies. Jurnal of Acconting and the Economics.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumanti,T.A. dan Puspitasari, N. 2008. Siklus Kehidupan Perusahaan dan Kaitanya dengan Investment Opportunity Set, Risiko, dan kinerja Finansial. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. Vol.8 No.1

Harahap, Syafri.S. 2008. Analisa Kritis atas laporan keuangan, PT.Raja Grafindo Presada, Jakarta.

Hart,Oliver dan Holmstrom, Bengt,(2016). Contrat Theory. Swedish Academy Of scinces.

Hendriksen,Eldon.s , 2009. Teori Akuntansi. Erlangga. Edisi keempat jilid satu, Jakarta.

Hidayatullah, Suryakusuma Kholid, 2011. Analisis rasio Likuiditas, Profitabilitas, Aktivitas, dan Solvabilitas terhadap Investment Opportunity Set (IOS) pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun2006-2009, Skripsi.Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang.

Kallapur, s. Dan Trombley, M.K., 2001.The invesment opportunity set: determinants, consequences and measurement. Managerial Finance. 27 (3):3-15.

Kasmir. 2012. Analisis laporan keuangan. Rajawali pres, Jakarta

Mayers, S.C., 1977. Determinants of corporate borrowing. Journal of Financial Economics. 5: 147-175.

Norpratiwi, M.V. Agustina.2007. Analisis korelasi Investment Opportunity Set Terhadap Retrun Saham (pada saat pelaporan keuangan perusahaan), Juranl Akuntansi dan Manajemen XVII (1). Hal. 8-22.

Novianti, Andita dan Simu, Nicodemus. 2016. Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas, Serta Dampaknya terhadap Investment Opportunity Set (Ios). Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Vol.9 No.1.

Panggabean, Hotma.p dan Surato, 2014,Faktor-faktor fundamental keuangan perusahaan dan investment Opportunity Set prusahan Real Estate. Jurnal riset akuntansi dan perpajakan.Vol1.No.1 hal 60-70.

Rachmawati, Anggun Arif. 2014. Pengaruh Rasio Keuangan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 3 No. 3.

Sari,Wulan Indra. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi set kesempatan investasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, skripsi Universitas Lampung.

Sari, Maria Agnes I.P. 2012. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Investment Opportunity Set Dalam Tahapan Siklus Kehidupan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol.1 No.2.

Sawir, Agnes. 2009, Analisa Kinerja Keunagan dan Perencanaan Kinerja keuangan, PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Saputro, Adi Akhmad dan Lela Hindasah. 2007. Pengaruh Kebijakan Pendanaan dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Set Kesempatan Investasi (IOS). Jurnal Akuntansi dan Investasi, VII (1): 58-71.

Shobirin, A. A. 2010. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Smith Jr., Clifford W., and Ross l.Watts. (1992). The investment opportunity set and corporate financing, dividend, and compensation policies. Journal of Financial Economic. 32: 263-292

Subhi, M.S. 2013. Pengaruh rasio keuangan terhadap Investment opportunity Set dalam tahapan siklus kehidupan perusahaan. Jurnal of Managerial Finance. Vol.27. No.3 pg.27-90.

Sukardi,Prof. (2013). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas implementasi dan pengembangannya.Jakarta: Pt Bumi Aksa.

Syifa, Sufi Fajrotus, 2015. Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Retrun On Investment (ROI) Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yan, Zhipeng. 2006. A New Methodology of Measuring Corporate life- cycle stages.http://researchgate.net/publication/228238342 A New Methodology of measuring firm_Life-cycle_stage/file/79e4150a6c054c7da.Pdf.

Yendrawati, Reni dan Adhianza, Feby Rezki. 2013,” Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Set Kesempatan Investasi (IOS) pada Perusahaan manufaktur yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia.” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan Vol.2 Hal 32-41.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com