Analisis perlakuan akuntansi persediaan barang dagangan berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik SAK ETAP

Ichwan Setiyawan, Rande Samben, Iskandar Iskandar

Abstract


Penelitian ini dilakukan di perusahaan distributor cat "Dulux" dan "Catylac" yang ditempatkan di Samarinda. Perusahaan itu adalah PT Pancar Warna Indah Abadi. Perawatan akuntansi terhadap inventaris adalah inti dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembukuan dan pembebanan biaya inventorible perusahaan. Ada lima jenis cat yang menjadi sampel untuk penelitian ini. Kelima adalah transaksi frekuensi paling banyak di tahun 2014. Perusahaan berbasis sistem pembukuan adalah sistem persediaan perpetual, yaitu persediaan yang diketahui jumlahnya setiap saat karena pencatatan yang dilakukan di setiap transaksi dan ditandatangani oleh adanya persediaan kartu. Pembebanan biaya inventoriibel adalah rata - rata tertimbang. Metode ini menghitung biaya rata-rata dalam unit dengan membagi biaya barang yang tersedia untuk dijual agar unit yang tersedia terjual, rata-rata tertimbang dihitung dalam setiap pembelian dan mutasi yang baik antara gudang. Perusahaan ini memiliki dua gudang. Jadi dengan adanya mutasi barang dagangan antar gudang merupakan salah satu transaksi yang termasuk dalam kartu persediaan. Pembukuan biaya barang per unit yang bermutasi dari gudang kantor pusat ke gudang kantor tidak memenuhi asas biaya karena tidak dicatat sebagai biaya barang per unit gudang pertama, namun tercatat mengikuti biaya gudang kambing yang baik / Gudang kantor



Keywords


Persediaan; pembukuan; pembebanan biaya yang baik; akuntansi standar

References


Baridwan, Zaki. 2008. Intermediate Accounting, Edisi 8. BPFE UGM, Yogyakarta.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI. 2012. Standar Akuntansi Keuangan Per 1 Juni 2012,Jakarta.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP),Jakarta.

Horngren, Charles T.,Walter, T, Harrrison Jr.,Linda, dan Smith Bamber.2006. Accounting, Jilid 1 Edisi ke 6. Barlian Muhammad (terjemahan).Akuntansi. Indeks, Jakarta.

Jusup, Al-Hariyono. 2011. Dasar-dasar Akuntansi, Jilid 1 Edisi ke 7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

Keiso, Donald, E., Jerry,J.,Weygandt, dan Terry,D.,Warfield.2007. Intermediate Accounting,12th Book 1.Emil Salim.S.E (terjemahan). Akuntansi Intermediate. Erlangga, Jakarta.

Martani, Dwi, Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, dan Edward Tanujaya. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1.Salemba Empat, Jakarta.

Weygandt, Jerry J., Donal E.Keiso, dan Paul D.Kimmel. 2009. Accounting Principles, 7 th Book1. Ali Akbar Yulianto, Wasilah, Rangga Handika (terjemahan). Accounting Principle:Pengantar Akuntansi. Salemba Empat, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com