Pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI

Wulan Dewi Purwati, Anis Rachma Utary, Agus Iwan Kesuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor fundamental yang diproyeksikan dengan variabel Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Data penelitian yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Stock Exchange. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda yang dibantu oleh Software IBM SPSS 21 For Windows. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Metode penentuan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 27 sampel perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi. Hasil pengujian asumsi klasik di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tisak terjadi penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan. Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan.


Keywords


Pengungkapan laporan keuangan

References


Bapepam. 2000. Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal tentang

Pedoman Penyajian Laporan Keuangan. Diakses dari www.bapepam.go.id

ricahyadinata, I. (2016). Indeks harga saham gabungan (ihsg) dan jakarta interbank offered rate (jibor); kinerja reksadana campuran. INOVASI, 12(2), 281-310.

Binsar, H. Simanjuntak dan Lusy Widiastuti. 2004. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vo. 7. No.3 pp 351-366.

Ginting, Monalisa Br. 2010. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar d Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Riau. Medan.

Hendriksen, Eldon S. Dan Michael F. Van Berda. 2002. Teori Akuntansi. Buku 2. Interaksara. Batam.

Na’im, Ainun. dan Fuad Rakhman. 2000. Analisis Hubungan Antara Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan dengan Struktur Modal Dan Tipe Kepemilikan Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 15. No. 1 pp 70-82.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Cetakan Ketujuh. Ekonisia. Yogyakarta.

Nugraheni, B. Linggar Yekti, Oct. Digdo Hartomo, dan Lucia Hary Patwoto. 2002. Analisis Faktor-faktor Fundamental Perusahaan terhadap Kelengkapan Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.8. No.1 pp 75-91.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariance dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Pramunia, S. Agy. 2010. Pengaruh Corporate Governance dan Financial Distressed Terhadap Luas Pengungkapan Sukarela. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas DIponegoro. Semarang.

Hariyanto dan Ira Yunita. 2006. Analisis Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Sukarela Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Real Estate). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i3.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com