Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas hedging instrumen derivatif valuta asing

Maria Febryani Sitinjak, Cornelius Rantelangi, Muhammad Subhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh growth opportunity, leverage, liquidity, firm size dan financial distress terhadap probabilitas perusahaan menerapkan aktivitas hedging. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012- 2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan model regresi logistik dimana variabel dependen berbentuk kategori. Kategori tersebut adalah perusahaan yang menerapkan aktivitas hedging dan perusahaan yang tidak menerapkan aktivitas hedging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model analisis menghasilkan ketepatan sebesar 80,4% dan variabel Leverage dan Firm size memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel Growth opportunity memiliki pengaruh negatif dan signifikan. Variabel Liquidity berpengaruh negatif dan tidak signifikan, sedangkan variabel Financial distress berpengaruh positif dan tidak signifikan.

 


Keywords


Hedging instrumen; derivatif valuta asing

References


Ahmad,Noryati dan Balkis Haris. 2012. “Factors for Using Derivatives: Evidence From Malaysian Non-Financial Companies”.

Ameer, Rashid. 2010. “Determinants of Corporate Hedging Practices in Malaysia. International Business Research”. (Vol. 3). No. 2

Anggraini, Tifani Vota. 2010. “Pengaruh Karakteristik Komite Audit Terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek)”.

Rahmawati, A., Ilmi, Z., & Tricahyadinata, I. (2018). KEBIJAKAN PEMBERIAN KREDIT KEPADA DEBITUR BANKALTIM. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 2(1).

Augusty, Ferdinand. 2006. “Metode Penelitian Manajemen”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Brigham, Eugene F dan Houston. 2006. “Fundamental of FinancialManagement: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi,Ni Komang Reni Utami dan Purnawati,Ni Ketut. 2016. “Pengaruh Market to Book Value dan Likuiditas Terhadap Keputusan Hedging Pada Perusahaan Manufaktur di BEI”. E-Jurnal, Vol. 5, No.1.

Kasmir. 2014. “Analisis Laporan Keuangan”. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kusumawati,Evita Faramita. 2013. “Pengaruh Debt of Equity Rato, Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Growth Opportunity, dan Aktivitas Ekspor terhadap Keputusan Hedging dengan Drivatif (Studi pada Perusahaan Pertambangan Tahun 2008-2013)”.

Ghozali,Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guniarti, Fay. 2014. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Hedging Dengan Instrumen Derivatif Valuta Asing”.

Hardhita,Prysta. 2014. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN DERIVATIF (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012)”.

Irawan, Bahrain Pasha. 2014. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Instrumen Derivatif Valuta Asing Sebagai Pengambilan Keputusan Hedging (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2012)”.

Martha,Nadia Henelizt. 2016. “Analisis Faktor-faktor Internal yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Penerapan Hedging pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014”.

Martono dan Agus Harjito. 2010. “Manajemen Keuangan”. (Edisi 3). Yogyakarta :Ekonisia.

Munawir. 2007. “Analisis Laporan Keuangan”. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Nugroho, Josua Peter Adi. 2016. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Lindung Nilai (Hedging) Pada Instrumen Derivatif Valuta Asing (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Teraftar di BEI Periode 2011-2014)”.

Putro, Septama Hardanto. 2012. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Instrumen Derivatif Sebagai Pengambilan Keputusan Hedging (Studi Kasus pada Perusahaan Automotive and Allied Products yang Terdaftar di BEI Periode 2006-2010)”.

Rakhimsyah dan Gunawan. 2011. “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Investasi”. Vol. 7 No. 1 Hal. 31-45.

Repie, Renno Reynaldi dan Ida Bagus Panji Sedana. 2015. “Kebijakan Hedging Dengan Instrumen Derivatif Dalam Kaitan Dengan underinvestment problem di Indonesia”.

Saragih, Ferdinand D. dan Yulianto Nugroho. 2014. “Dasar-dasar Keuangan Internasional”. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sianturi, Crissy Norris, 2015.”Pengaruh Liquidity, Firm Size, Growth Opportunity, Financial Distress, Leverage dan Managerial Ownership Terhadap Aktivitas Hedging dengan Instrumen Derivatif (Studi Kasus Pada Perusahaan Nonfinansial Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2014”.

Subagya, Ricki, 2015. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hedging dengan Menggunakan Instrumen Derivatif Valuta asing (Studi Empiris pada Perusahaan Non-finansial yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014)”.

Sutrisno. 2009. “Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi”. Yogyakarta: Ekonisia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i3.1088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com