Pengaruh Peranan Audit Internal terhadap Penerapan Good Government pada Pemerintah Kota Samarinda

Winda Darmayanti, Dwi Risma Deviyanti, Agus Iwan Kesuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peranan Audit Internal terhadap penerapan Good Government pada pemerintah Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 7 SKPD di Kota Samarinda dan tiap SKPD diwakili oleh Auditor Internal, Kepala Bagian/Sub Bagian Keuangan/Sekertaris, Staf Pencatatan Keuangan/Akuntansi, dan Staf Pemegang Kas SKPD sebagai responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan Teknik pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner dan teknik analisisnya menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan bantuan software smartPLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Audit Internal dengan indikator yang diurutkan dari yang paling besar pengaruhnya yaitu Laporan Audit Internal, Kompetensi, Program Audit Internal, Pelaksanaan Audit Internal, Independensi, memiliki pengaruh positif terhadap terwujudnya Good Government pada Pemerintahan Kota Samarinda.



Keywords


Audit internal; good government

Full Text:

PDF

References


Amaliah, Ita Rezki. 2014. Peranan Inspektorat Terhadap Penerapan Good Governance Government pada Pemerintah Provinsi Sulsel. Makassar: Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Andayani, Wuryan. 2008. Audit Internal edisi 1. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Boynton, William C, Raymon N. Johnson, Walter G. Kell. 2001. Modern Auditing, Jilid I. Edisi Ketujuh. Penerjemah: Paul A. Rajoe, Gina Gania, Ichsan Setyo Budi. Jakarta: penerbit Erlangga.

Gumilang, Gita, 2009. “Pengaruh Peranan Audit Internal terhadap Penerapan GCG pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan”. Skripsi Akuntansi, Universitas Sumatra Utara.

H.M Jogiyanto dan Willy Abdillah. 2009. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Squear) Untuk Penelitian Empiris, Yogyakarta: BPFE

Lahu, Misya Kurnia, 2011. “Pengaruh Peranan Audit Internal terhadap Penerpan GCG pada PT Kimia Farma (Persero) tbk Jakarta”. Skripsi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Lawrence B. Sawyer, Mortimer A. Dittenhofer, James H, Scheiner. 2005. “Sawyer’s Internal Auditing”. Penerjemah: Desi Addhariani. Jakarta: Selemba Empat

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik . Yogyakarta: Andi

______ .2009.Akuntansi Sektor Publik.Penerbit Andi

Muliyadi.2008.Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Pabundu Tika, Moh. 2006 . Metode riset bisnis, bumi aksara. Jakarta.

Tricahyadinata, I. (2016). Indeks harga saham gabungan (ihsg) dan jakarta interbank offered rate (jibor); kinerja reksadana campuran. INOVASI, 12(2), 281-310.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No 64 Tahun 2007 Tentang Standar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Jakarta: Departemen Keuangan Republik Indonesia.

Pratolo, Suryo, 2007. “GCG dan Kinerja BUMN di Indonesia: Aspek Audit Manajemen dan Pengendalian Internal sebagai Variabel Eksogen serta tinjauannya pada Jenis Perusahaan”,

Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X Unhas Makassar, 26-28 Juli 2007.

Rizky, Erland Aldrich, 2011. “Pengaruh Peranan Komite Audit terhadap Penerapan GCG di PT PINDAD (Persero)”. Skripsi Manajemen, Institut Manajemen Telkom.

Sedarmayanti, 2004. Good Governance (Kepemerintahan yang Baik) dalam Rangka Otonomi Daerah Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efesien melelui Restruksi dan Pemberdayaan. Bandung : Mandar Maju.

Solimun, 2010. Analisis Multivariat Pemodelan Struktural Metode Partial Least Square-PLS, Cetakan 1, CV.Citra Malang, Malang.

Sukrisno, Agoes 2004:221. Auditing edisi 6 buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Tjitrosidojo, Sumardjo.1985. Kamus istilah akuntansi. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wiyono, Wahyu Wiyono, 2010. “Pengaruh Peranan Komite Audit dan Audit Internal dalam Mewujudkan GCG untuk Meningkatkan Kinerja Bank Syariah Studi Kasus pada Perbankan Syariah di Jakarta”. Skripsi Akuntansi, Universitas Syarif Hidayatullah.

www.kaltimprov.go.id

www.samarinda.go.id

www.Struktur-Pemkot.com




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i3.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com