Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Desita Yasmiranti, Nurita Affan, Muhammad Subhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh leverage terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan tahunan, (2) Pengaruh profitabilitas terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan tahunan, dan (3) Pengaruh ukuran peruusahaan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan tahunan. Hipotesis dalam penelitian ini, antara lain: (1) leverage berpengaruh potif dan signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan, (2) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan, (3) ukuran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan. Leverage dalam penelitian ini diukur dengan dept to equity ratio, profitabilitas diukur dengan return on assets dan total asset. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2012-2014. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria, diperoleh 31 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Untuk perhitungan data disusun secara panel (pooled data), jadi jumlah data observasi sebanyak 93 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan tahunan yang berarti hipotesis pertama diterima. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan yang berarti hipotesis kedua diterima. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan yang berarti hipotesis ketiga ditolak.


Keywords


Leverage; profitabilitas; ukuran perusahaan; kelengkapan pengungkapan; laporan keuangan

References


Almilia, Luciana Spica dan Ikka Retrinasari. 2007. “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ”,Simposium Nasional Akuntansi.

Bapepam dan LK. 2012. Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor : KEP-347/BL/2012 Tentang Penyampaian Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik.

Brigham, Eugene F. Dan Joel F. Houston. 2012. Essential of Financial Management. Yulianto, Ali Akbar. (terjemahan). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Chariri, Anisdan Imam Ghozali. 2007. Teori Akuntansi, Edisi ketiga, Universitas Diponegoro.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2007. Edisi Revisi Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Unit Penerbit Dan Percetakan AMP YKPN.

Hery. 2013. Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Hendriksen, D, Eldon dan Micael F. Van Bred. 2002. Teori Akuntansi. Edisi Keempat UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat: Jakarta.

Ikbal, Muhammad. 2012. Metodologi Penelitian: Untuk Ekonomi dan Bisnis, Cetakan Pertama. Interpena. Yogyakarta.

Jensen, M. And W. Meckling. 1976. Theory of the firm : Managerial Behavior, Agency Costs, and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, Vol. 3, No. 4, pp. 305-360.

Kartika, Andi. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kajian Akuntansi Vol.1, No.1, Pebruari, hal: 29-47.

Munawir, 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. Liberty. Yogyakarta.

Naim, Ainun dan Fuad Rahman. 2000. Analisis Hubungan Antara Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan dengan Struktur Modal dan Tipe Kepemilikan Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. VIII, No. 1, Hal. 75-91.

Nurliana Safitri. 2008. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Disclosure Laporan Tahunan pada Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2003-2007. Skripsi S-1, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Puspita, Fira. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Riahi, Ahmed dan Belkaouli. Teori Akuntansi Edisi 5. Salemba Empat. Jakarta.

Sadeli, M. 2006. Dasar-dasar Akuntansi, PT Gunung Agung, Jakarta.

Sartono, R Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teoridan Aplikasi, Cetakan kedua. BPFE. Yogyakarta.

Scott, R.Willam. 2009. Financial Accounting Theory. Second Edition, Prentice Hall Canada Link, Scarborough, Ontaria, Canada.

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian, Cetakan Pertama. Pustaka Baru Perss. Yogyakarta.

Sutedja. 2006. Pengungkapan (Disclosure) Laporan Keuangan Sebagai Upaya Mengatasi Asimetri Informasi, jurnal Investasi 3 (2) Desember: 113-125.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. EKONISIA.

Atmoko, Y., Defung, F., & Tricahyadinata, I. (2018). Pengaruh return on assets, debt to equity ratio, dan firm size terhadap dividend payout ratio. KINERJA, 14(2), 103-109.

Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi : Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga. BPFE UGM. Yogyakarta.

Tristanti, Leony Lovancy. 2012. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Sukarela (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010). Skripsi S-1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Wallace, R.S. Olusegun, Kamal Naser, Araceli Mora. 1994. The Relationship Between the Comprehensiveness of Corporate Annual Report and Firm Characteristic in Spain. Accounting and Business Research. Vol. 25, No. 97, pp. 41-53.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i4.1071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com