Analisis penyajian laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik

Dwi Yuni Handayani, Sri Mintarti, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif  studi kasus yaitu analisis yang dilakukan dengan cara membandingkan teori yang ada dalam Peraturan Menteri KUKM tahun 2015 dengan data-data yang diperoleh dari studi kasus. Penelitian ini juga menggunakan studi pustaka dan wawancara dengan staf bagian keuangan pada PRIMKOPTI untuk memperoleh informasi lebih rinci. Dari hasil penelitian pada PRIMKOPTI, koperasi tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan yang disyaratkan, hal ini dapat dilihat dari urutan penyajian kelompok aset lancar pada neraca dan pada penyajian perhitungan hasil usaha yang tidak dipisahnya pelayanan kepada anggota dan penjualan kepada non anggota serta beban pokok pelayanan anggota dan beban pokok penjualan kepada non anggota, beban operasional yang dimiliki koperasi juga tidak dipisahkan berdasarkan golongannya  serta ketiadaannya laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas dalam laporan keuangannya dan ketidaksesuaian jumlah pajak terutang.

 


Keywords


Koperasi Primer; Laporan Keuangan; SAK ETAP

References


Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Martani, Dwi dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Tricahyadinata, I. (2016). Indeks harga saham gabungan (ihsg) dan jakarta interbank offered rate (jibor); kinerja reksadana campuran. INOVASI, 12(2), 281-310.

Nainggolan, Pahala. 2007. Akuntansi Keuangan Yayasan Dan Lembaga Nirlaba Sejenis. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 12/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi Sektor Rill. Jakarta.

Rivai, Veithzal, Andria Permata Veithzal dan Ferry N. Idroes. 2007. Bank and Financial Institution Management. Rajawali Pers. Jakarta.

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi, Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.

Reeve, James M., Carl S. Waren dan Jonathan E. Duchac. 2009. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Salprida. 2010. Akuntansi Koperasi Berbasis SAK ETAP Pada Koperasi Petani Karet Karya Harapan (KOPTAN-KKH) Rokan Hulu. Skripsi. Pasir Pengairan. Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengairan.

Soesilo, H.M Iskandar. 2008. Dinamika Gerakan Koperasi Indonesia: Corak Perjuangan Ekonomi Rakyat Dalam Menggapai Sejahtera Bersama. RMBOOKS. Jakarta.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. http://www.iaiglobal.or.id/v02/prinsip_akuntansi/open.php?id=71&pa=2, diakses tanggal 4 April 2016.

Subandi. 2009. Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktik). Alfabeta. Bandung.

Sulistyowati, Leny. 2010. Panduan Praktis Memahami Laporan Keuangan. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Ulfah, Putri Athirah. 2013. Penerapan SAK ETAP Pada Koperasi X. Skripsi. Depok. Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tantang Perkoperasian.

Wahyuningsih, Tri. 2014. Uji Kepatuhan Penyusunan Laporan Keuangan Pada KPRI Warga Jaya Berdasarkan Standar Akuntasi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Tahun Buku 2012. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro.

Weygant, Jerry J., Donald E. Kieso dan Paul D. Kimmel. 2007. Pengantar Akuntansi, Buku 1. Edisi Ketujuh. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i2.1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com