Struktur Kepemilikan Kebijakan Dividen dan Moderasi Komisaris Independen pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Dian Eva Anindyka, Nurita Affan, Bramantika Oktavianti

Abstract


Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh struktur kepemilikan yang diwakilkan oleh kepemilikan keluarga dan kepemilikan institusional terhadap kebijakan dividen serta pengaruh moderasi komisaris independen dengan pengujian hipotesis menggunakan regresi logistik dan uji interaksi. Penelitian ini menggunakan data panel tahun 2012-2014 untuk laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Prosedur penyeleksian sampel menggunakan metode purposive sampling dan dari 49 emiten insfrastruktur, utilitas dan transportasi pada akhir tahun 2014 diperoleh 57 sampel selama 3 tahun pengamatan yang memenuhi persyaratan. Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa struktur kepemilikan berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Kepemilikan keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Kepemilikan institusional berpengaruh postif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Komisaris Independen bukan merupakan variabel moderasi pada pengaruh kepemilikan keluarga terhadap kebijakan dividen. Komisaris independen merupakan variabel moderasi pada pengaruh kepemilikan institusional terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian ini mendukung teori keagenan yang dicetuskan oleh Jensen dan Meckling.

Kata Kunci:    kebijakan dividen, struktur kepemilikan, kepemilikan keluarga, kepemilikan institusional, komisaris independen, teori keagenan


References


Al-Nawaiseh, Mahmoud. 2013. Dividend Policy and Ownership Structure: An Applied Study on Industrial Companies in Amman Stock Exchange. Journal of Management Research 5 (2). April: 83-106.

Baker, H.Kent dan Gary E.Powell. 2012. Dividend policy in Indonesia: survey evidence from executives. Journal of Asia Business Studies 6 (1). Januari: 79-92.

Cahyani, K.A. 2014. Analisis Perbedaan Dividen Pada Perusahaan Keluarga dan Non Keluarga Berdasarkan Kepemilikan Ultimat. Tesis. Universitas Atma Jaya.

Haris, Abdul. 2009. Pengaruh Penatagunaan Tanah Terhadap Keberhasilan Pembagunan Infrastruktur dan Ekonomi.

Horne, James CV dan JM. Wachowicz, Jr. 2012. Fundamentals of Financial Management: Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan 1. Edisi Ketiga belas. Jakarta: Salemba Empat

Jensen, M.C dan Meckling, W.H. 1976. Theory of the firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3 (4). Oktober: 305-360.

Kamaludin. 2011. Manajemen Keuangan "Konsep Dasar dan Penerapannya". Bandung: CV. Mandar Maju.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 2014. Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 33/POJK.04/2014. Jakarta

Pujiati. 2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Divden dengan Likuiditas sebagai variabel pemoderasi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sahamoke. 2016. Dividen Perusahaan Publik BEI. http://sahamoke.com/dividen, 28 maret 2016.

Sugiarto. 2009. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan & Informasi Asimetri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surya, Indra dan Ivan Yustiavandana. 2008. Penerapan Good Corporate Governance: Mengesampingkan Hak-Hak Istimewa demi Kelangsungan Usaha. Jakarta: Kencana.

Wijayanti, Lulud. 2014. Pengaruh Kontrol Keluarga dan Komisaris Independen terhadap Kebijakan Dividen dan Struktur Modal pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Tahun XXIV (1). Universitas Airlangga. April: 81-89.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i2.1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com