Pengaruh Kesadaran Perpajakan dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di Tenggarong

Hervina Hervina, Anis Rachma Utary, Agus Iwan Kesuma

Abstract


Perubahan atau modernisasi sistem administrasi perpajakan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Perubahan yang dibuat meliputi bidang struktur organisasi, Business Process dan teknologi informasi dan komunikasi, manajemen sumber daya manusia, dan pelaksanaan good governance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan dan modernisasi sistem administrasi perpajakan terhadap kepatuhan pengusaha kena pajak. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tenggarong digunakan untuk penelitian dengan memilih Pengusaha Kena Pajak (PKP) sebagai sampel penelitian. Sampel yang digunakan adalah 91 PKP dengan teknik Convenience Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 20.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesadaran perpajakan dan modernisasi sistem administrasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak.

Kata Kunci:  Kesadaran Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan,   Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak.


References


Djazoeli, Sadhani. 2005. Menuju Good Governance Melalui Modernisasi Pajak. Jurnal Bisnis Indonesia.

Jatmiko, Nugroho Agus. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Tesis Program Studi Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro.

Lerche, Pletrich. 1980. Efficiency of Taxation in Indonesia. BIES, Vol. 16 No.

, halaman 34 – 35.

Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Edisi Revisi 2009. Yogyakarta: Andi Offset.

Muliari. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Keesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Universitas Udayana.

Muljono, Djoko. 2008. KETENTUAN UMUM PERPAJAKAN Lengkap Dengan Undang-Undang N0.28 Tahun 2007. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Nasucha, Chaizi. 2004. “Pengaruh Reformasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Fakultas Pasca Sarjana Universitas Padjajaran. Bandung.

Nurmantu, Safri. 2005. Pengantar perpajakan. Jakarta: Granit.

Pandiangan, Liberti. 2008. Pemahaman Praktis Undang-Undang Perpajakan Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, Sri. 2010. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Skripsi. Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Resmi, Siti. 2011. Perpajakan: Teori Dan Kasus. Buku 1, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Diana. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Cetakan Kesatu. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sulud Kahono. 2003. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan : Studi Empiris di Wilayah KP PBB Semarang. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Dipenegoro.

Suyatmin. 2004. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan : Studi Empiris di Wilayah KP PBB Surakarta. Tesis Program Magister Akuntansi Universitas Diponegoro.

Waluyo. 2008. Perpajakan Indonesia. Buku 1, Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v2i2.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com