Analisis tingkat konsumsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi di kota cirebon
Abstract
Keyakinan konsumen dapat tercermin dari tingkat konsumsi masyarakat di suatu daerah. Perkembangan keyakinan konsumen di Indonesia cenderung mengalami penurunan pada akhir-akhir ini dengan meroketnya harga barang-barang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keyakinan konsumen masyarakat di Kota Cirebon. Populasi yang digunakan pada penelitian ini golongan rumah tangga yang mempunyai penghasilan lebih dari Rp 1 Juta Rupiah dan mempunyai pengeluaran lebih dari Rp 1 Juta Rupiah. Teknik Penarikan Sampel yang diambil menggunakan stratified random sampling yang berasal dari 5 Kecamatan di Kota Cirebon. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden setiap bulan. Teknik analisis yang digunakan berupa analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) di Kota Cirebon mengalami kenaikan di Bulan Juli. Semakin tinggi nilai IKK suatu Kota, maka semakin kuat ekonomi suatu kota. Selanjutnya semakin tinggi nilai IKE suatu kota, maka inflasi di kota tersebut bisa dikendalikan dan kondisi ekonominya semakin membaik. Sementara itu, Semakin tinggi nilai IEK suatu kota, maka semakin kota tersebut perekonomiannya dipercaya oleh masyarakat dan investor banyak yang ingin menginvestasikan dananya di kota tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badan Pusat Statistik Nasional. (2009). Statistik Indonesia. Jakarta: Direktorat Diseminasi Statistik.
Dewi, E., Amar, S., & Sofyan, E. (2013). Jurnal Kajian Ekonomi, Januari 2013, Vol. I, No. 02 ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI, INVESTASI, DAN KONSUMSI DI INDONESIA Oleh : Dewi Ernita ∗ , Syamsul Amar ∗∗ , Efrizal Syofyan ∗∗∗. Jurnal Kajian Ekonomi, I(02), 176–193.
sekaran, uma. (2007). Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat.
Sudirman, S., & Alhudhori, M. (2018). Pengaruh Konsumsi Rumah Tangga, Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Jambi. EKONOMIS : Journal of Economics and Business, 2(1), 81. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v2i1.33
Sukirno, S. (2015). Makro Ekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Tapsin, G., & Hepsag, A. (2014). an Analysis of Household Consumption Expenditures in Ea-18. European Scientific Journal, 10(16), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i1.9236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Firman Hidayat, Ramlah Puji Astuti
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen