Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e-commerce dalam menghadapi era digital 4.0 di indonesia

Rahmi Qurrota Aynie, Ratih Hurriyati, Puspo Dewi Dirgantari

Abstract


Pengguna internet semenjak munculnya kasus masa pandemi COVID-19 yang ada di dunia bahkan khususnya di Indonesia sehingga pola konsumsi masyarakat berubah selama pandemi Covid-19. Untuk memenuhi kebutuhan pokoknya yang berawal masyarakat biasa melakukan transaksi secara konvensional, namun kini lebih memilih belanja online karena tuntutan peraturan pemerintah untuk physical distancing. Perubahan perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi ini, transaksi/belanja secara online melalui laman e-commerce menjadi alternatif utama dan salah satunya shopee yang mengalami peningkatan pengunjung pada tahun 2020. Dengan begitu, penelitian ini dapat memperoleh gambaran strategi pemasaran Electronic Word Of Mouth (E-WOM) pada e-commerce untuk menghadapi revolusi industri digital 4.0 yang ada di Indonesia. Hasil yang didapatkan dengan berbagai dimensi e-WOM yang diteliti yaitu intensitas, valensi opini dan konten dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya e-WOM sangat mempengaruhi seseorang dalam memilih sebuah produk secara online, karena informasi ini sangat relevan yang dibutuhkan seseorang dalam menentukan pilihannya. Adanya rekomendasi atau review yang diberikan konsumen lain akan mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Selain itu juga keamanan dan pelayanan untuk transaksi online pun dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian menggunakan aplikasi e-commerce tersebut. Dengan adanya e-WOM akan membantu proses pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, dari pengembang e-commerce, penjual, hingga pembeli.


Keywords


Electronic word of mouth (e-wom); e-commerce; shopee

References


Annur, C. M. (2020, September 28). Tingkat Penetrasi Internet Indonesia Urutan Ketujuh se-Asia Tenggara. (M. A. Ridhoi, Ed.) Retrieved Oktober 31, 2020, from Berita Terkini Ekonomi dan Bisnis Indonesia: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/28/tingkat-penetrasi-internet-indonesia-urutan-ketujuh-se-asia-tenggara

Arsyalan, A. G., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Bandung di Shopee. e-Proceeding of Management : Vol.6, No.3 Desember 2019, 55566-5583.

Dewi, S. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth dan Security terhadap Buying Interest Melalui Trust sebagai Variabel Intervening pada Online Shop Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Ust Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 3 No. 1 Januari 2020, 20-29.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Wordof-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Science. 27(1), 5-23.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia. Indonesia.

Hasna, S., & Irwansyah. (2019). Electronic Word Of Mouth sebagai Strategi Public Relation di Era Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8, No. 1, Juni 2019 , 18-27.

Hawkins, D., & Mothersbaugh, D. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (11th ed.). New York: McGraw-Hill.

Hennig-Thurau, Gwinner, K., Walsh, G., & Gremier, D. (2004). “Electronic Word-of-Mouth Via Costomer-Opinion Platforms: What Motivates Consumer to Articulate Themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing Vol 18/No 1, 38-52.

iPrice Insight. (2020, Juli 21). The Map of E-commerce in Indonesia. Retrieved Oktober 31, 2020, from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. United Kingdom: Pearson Education,Inc.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priansa, D. J. (2016). Pengaruh e-WOM dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja Online di Lazad. Ecodemica, Vol. IV No.1.

Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Savitri, E. A., Zahara, Z., & Ponirin. (2016). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Repurchase Intention Melalui Electronic Word Of Mouth. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol. 2, No. 3, September 2016, 241-250.

STIE Mitra Indonesia. (2020, Agustus 14). Lonjakan e-commerce, pada semester 1 tahun 2020. Retrieved Oktober 31, 2020, from https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/lonjakan-e-commerce-pada-semester-1-tahun-2020




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v17i1.8483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVASI


Indexing: