Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek indonesia

Irwansyah Irwansyah, Yoremia Lestari, Nurul Fauziah Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian berjumlah 13 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kemudian 12 perusahaan selama lima tahun pengamatan dipilih sebagai sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 60 data pengamatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji kelayakan model (uji F), koefisien determinasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap agency cost dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2017. Dengan merujuk pada hasil penelitian ini, perusahaan hendaknya meningkatkan total aset perusahaan dan mengurangi pendanaan melalui hutang agar agency cost dapat berkurang karena agency cost yang rendah merupakan suatu  hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk menarik minat investor dan dianggap akan memberikan feedback yang memuaskan bagi investor.

Keywords


Ukuran perusahaan; leverage; agency cost

References


Annisata, Awwalia dan Fitriany. (2014). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan melalui Agency Cost sebagai Variabel Intervening: Perbandingan Perusahaan yang mengalami Financial Distress dan Tidak. Prosiding dan Buku Pedoman Simposium Nasional Akuntansi XVII Universitas Mataram, halaman 43.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan. www.idx.co.id diakses pada tanggal 12 Oktober 2018.

Fachrudin, Khaira Amalia. (2011). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Agency Cost terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Keuangan Indonesia, 13(1), 37-46.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Firth, M., Fung, P. M. Y., dan Rui, O. M., (2008). Ownership, Governance Mechanism, and Agency Cost in China’s Listed Firms. Journal of Asset Management, 9(2), 90-101.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Imanuella, Intan. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Agency Cost sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Widya Warta No.1, halaman 57-70.

Jensen, Michael C dan Meckling. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(1), 305-360.

Jensen, Michael C. (1986). Agency Cost of Free Cash Flow, Corporate Finance, And Takeovers. Paper and Proceedings of the Ninety-Eight Annual Meeting of the American Economics Assiciation, May, 1986, 776-786.

Riyanto, Bambang. (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sartono, Agus. (2010). Manajemen Keuangan dan Teori Aplikasi .Yogyakarta: BPFE.

Sugiono, Lisa Puspitasari dan Christiawan, Y. Jogi. (2013). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Likuiditas pada Industri Ritel yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2012. Journal Business Accounting Review, 1(2), 298-305.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan “Teori, Konsep, dan Aplikasi”. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v16i2.8375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVASI


Indexing: