Analisis nilai perusahaan sektor barang konsumsi periode 2015-2019

Mutiara Laveda, Rifki Khoirudin

Abstract


Selama bertahun-tahun pasar modal mempunyai keistimewaan untuk sejumlah investor dalam mendapatkan uang dari hasil menanamkan investasi pada perusahaan. Seringkali investor melakukan pengamatan laporan keuangan yang dilaporkan oleh perusahaan untuk menilai perusahaan tersebut sehingga investor bisa menilai peluang perusahaan itu dimasa depan. Perusahaan sektor barang konsumsi sebagai objek penelitiannya, hal ini dikarenakan sektor barang konsumsi menjadi sektor industri pemimpin  pada IHSG selama 10 tahun menurut BEI yang mana menjadi sasaran para investor. tujuan penelitian untuk melihat dampak ROE, Ukuran Perusahaan, DER, TATO dan inflasi pada Nilai Perusahaan. Lokasi penelitian dilakukan di BEI periode 2015-2019, dan jenis data yang dipakai yaitu kuantitatif serta tehnik analisa datanya yang digunakan yaitu analisa regresi data panel memakai eviews versi 9.  Hasilnya menyatakan bahwa  secara mandiri variabel  ROE, Ukuran Perusahaan, Total Assets Turn Over dan inflasi tidak mempengaruhi pada Nilai Perusahaan. Sedangkan, variabel DER mempengaruhi pada Nilai Perusahaan.  Secara simultan variabel  ROE, Ukuran Perusahaan, DER, Total Assets Turn Over serta inflasi dengan bersama-sama memberi pengaruh pada Nilai Perusahaan sebesar 5,04%.


Keywords


Return on equity; ukuran perusahaan; debt to equity ratio; total assets turn over; inflasi; nilai perusahaan

References


Basuki, A. T. (2009). Data Panel 11.1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.https://www.bi.go.id/id/publikasi/seri-kebanksentralan/Pages/Inflasi-di-Indonesia.aspx

Chasanah, A. N., & Adhi, D. K. (2017). Perusahaan Real Estate Yang Listed Di Bei Tahun 2012-2015. Fokus Ekonomi, 12(2), 131–146.

Damasita, P., & E, W. (2011). Pengaruh Faktor Leverage, Earning Growth, Dividen Payout Ratio, Size, dan Return on Equity terhadap Price Earning Ratio (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009). Universitas Diponegoro.

Dewi, R., & Tarnia, T. (2011). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Informasi, Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 6(2), 115–132.

Dewi, & Wirajaya, A. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), 358–372.

Farida, A. N. (2017). Analisis Faktor Determinan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia [Universitas Negri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/52011/1/ArinaNurFarida_13808141018.pdf

Hamidah, Hartini, & Mardiyati, U. (2015). Dan Risiko Finansial Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Properti Tahun 2011-2013. Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1), 395–416.

Harnovinsah, B. (2014). Metode Pengumpulan Data : Kuesioner. Teoriline Personal Paper, 01, 170.

Holly, A. (2018). Determinan Nilai Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Simak, 16(02), 101–118. https://doi.org/10.35129/simak.v16i02.44

Irawati, E. (2016). Faktor Determinan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. In Revista Brasileira de Ergonomia (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Nurminda, A., Isynuwardhana, D., & Nurbaiti, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan ( Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015 ). E-Proceeding of Management, 4(1), 542–549.

Rachman, N. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada sektor industri food and beverages yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) tahun 2011-2015. Pendidikan Dan Ekonomi, 5(5), 405–416.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Apilkasi dengan SPSS (S. Suyantoro (ed.); 1st ed.). Andi.

Susanti, F. (2018). Model Regresi Panel Data dan Aplikasi Eviews. 1–301. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/vkx2t

Suwardika, I. N. A., & Mustandaa, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248–1277. https://doi.org/10.31093/jraba.v2i1.28

Veronica Hasibuan, Moch Dzulkirom AR, N. G. W. E. N. (2015). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2015 ). Administrasi Bisnis, 39(1), 139–147.

www.bi.go.id

www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v16i2.8142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVASI


Indexing: