Analisis sikap konsumen terhadap produk barang dari kulit samak ukir dan barang kulit tidak diukir

Wehandaka Pancapalaga, Bayu Etty Tri Adiyastiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen  terhadap  produk  barang dari kulit samak ukir dan produk barang dari kulit samak  tidak diukir yang akan berpengaruh  terhadap keputusan membeli. Sampel dalam penelitian ini adalah pembeli barang kulit samak yang diukir maupun yang tidak diukir Kota Malang dengan responden 90 sampel. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuesioner. Pengukuran sikap konsumen dilakukan pada tiga kategori yaitu Mahasiswa, Wanita Karier, dan Ibu  Rumah Tangga. Sikap konsumen tersebut akan diukur dengan menggunakan skala Likert. Data yang terkumpul di uji kruskal wallis untuk membedakan ketiga kategori yaitu Mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga dalam mengambil keputusan pembelian barang kulit yang diukir maupun tidak diukir. Jika terdapat perbedaan maka dilakukan uji lanjut menggunakan uji mann whitney. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan (p>0,05) sikap konsumen antara mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga terhadap kualitas produk, kenyamanan produk, kebanggan mengenakan produk, kesukaan produk. Namun ada perbedaan (p<0,05)  sikap konsumen antara Mahasiswi, Wanita Karir  dan Ibu Rumah Tangga terhadap harga produk, desain ukiran produk, asesoris produk  dan kualitas  jahitan produk . Kesimpulan bahwa keputusan  membeli dari ketiga konsumen wanita yaitu Mahasiswi, Wanita karier dan Ibu rumah tangga  terhadap produk barang dari kulit  samak yang diukir  ditentukan dari  harga produk, desain Ukiran produk, asesoris produk  serta kualitas jahitan produk.


Keywords


Sikap; konsumen; produk barang; kulit ukir; kulit samak

References


Indoanalisis (2018). Ekspor Import Kulit dan Produk dari Kulit di Indonesia. Laporan Industri. Indonesia Industri Research Company

Keller, K.L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2012), Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga.

Kotler, P. (2000). Marketing Management. The Millennium Edition, New Jersey. Prentice Hall International Edition.

Lee, J.W. (2010). The Roles Of Demographics On The Perceptions Of Electronic Commerce Adoption. Academy Of Marketing Studies Journal. 14(1)71-89. https://www.researchgate.net/publication/268055695

Lee,H.J, Cho.H.J, Xu. W., Fairhurst. A. (2010). The Influence of Consumer Traits and Demographics on Intention to Use Self- service Checkouts. Journal of Marketing Intelligence and Planning. 28(1) 46-58. DOI: 10.1108/02634501011014606

Patterson, P. G.(2004). A contingency model of behavioural intentions in a services context European Journal of Marketing. 38( 9): 1304-1315. https://www.researchgate.net/publication/240260378

Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wang, G., Dou. W., Zhou. N. (2008). Consumption Attitudes and Adoption of New Consumer Product: A Contingency Approach. European Journal Marketing,42(112): 238–254. https://www.researchgate.net/publication/235284002




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v17i1.8075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVASI


Indexing: