Pengaruh kepemimpinan dan reward terhadap disiplin kerja karyawan pt. indoexim international

Dwi Agung Nugroho Arianto, Nur Indah Setiyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan reward terhadap disiplin kerja karyawan PT. Indoexim International baik secara parsial maupun secara simultan. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitan ini seluruh karyawan tetap PT. Indoexim International sebanyak 65 orang dan semuanya digunakan sebagai responden dengan menggunakan metode sensus. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dengan skala Likert kemudian diuji validitas dan reliabilitas dari kuisioner tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Regresi Linear Berganda, setelah melewati uji asumsi klasik dengan menggunakan program SPSS. Dalam penelitian ini kepemimpinan dan reward sebagai variabel independen, disiplin kerja sebagai variabel dependen. Hasil dari penelitian ini membuktikan kepemimpinan dan reward baik secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terdapat disiplin kerja karyawan PT. Indoexim International.


Keywords


Kepemimpinan; reward; disiplin kerja

References


Anwar, & Dunija, T. (2016). Pengaruh Sistem Reward dan Punishment terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Karyawan PT. Tunggal Perkasa Plantation-3 Kec. Sampiniet Kabupaten Aceh Jaya. Serambi Akademica, IV(1), 28–36.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriani, D., Gimin, & Nas, S. (2015). Pengaruh Reward terhadap Disiplin Kerja Karyawan PT. Citra Riau Sarana Kabupaten Kuantan Singingi. Jom FKIP-UR, 2(2), 1–12.

Bennis, W., & Nanus, B. (1990). Kepemimpinan: Strategi dalam Mengemban Tanggung Jawab. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Dharma, A. (2001). Manajemen Supervisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: BP Undip.

Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. . (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartono, K. (2008). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Liyas, J. N. (2017). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Bank Syariah Mandiri. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2(2), 121–129.

Mahendra, I. G. N. T., & Brahmasari, I. A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSJ Menur Surabaya. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 22–42.

Martoyo, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Robbins, S. P. (1991). Organizational Behavior: Concept, Controversier, and Application. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Setiyani, F., Machasin, & Ningsih, D. S. (2015). Pengaruh Kepemimpinan dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Security PT. Karya Satria Abadi Pekanbaru. JOM Fekon, 2(1), 1–15.

Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumberd Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siahaan, R. (2013). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara III Rambutan. Jurnal Ilmiah Bussiness Progress, 1(1).

Simamora, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaleh, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Prasarana Jalan dan Jembatan Wilayah Bukittinggi. Jurnal Benefita, 4(2), 221–232.

Thoha, M. (2007). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tohardi, A. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Utari, K. (2015). Pengaruh Kepemimpinan dan Pengawasan Melekat terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kutai Timur. eJournal Pemerintahan Integratif, 3(1), 31–45.

Wahyuni, S., Sabran, & Hermanto, M. (2018). Pengaruh Punishment dan Reward terhadap Disiplin Kerja pada PT. Tri Mandiri Selaras di Tenggarong. JEMI, 18(2), 18–24.

Watimah, L. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Sanksi Hukum dan Pengawasan terhadap Kedisiplinan Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Provinsi Riau. JOM Fekon, 4(1), 193–204.

Winardi. (2009). Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v16i2.7293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Agung Nugroho Arianto, Nur Indah Setiyowati


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen