Analisis persepsi konsumen terhadap 212 mart guna meningkatkan kualitas menggunakan metode fuzzy servqual

Ismu Kusumanto, Ekie Gilang Permata, Tegie Gama Tehniko, Nofirza Nofirza, Muhammad Ihsan Hamdy

Abstract


Kualitas pelayanan adalah  hal utama bagi  minimarket untuk memuaskan harapan konsumen. 212 Mart merupakan pesaing baru dalam bisnis ritel, oleh karena itu 212 Mart harus memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumen  agar konsumen merasa puas terhadap kualitas 212 Mart. Untuk mengukur kualitas pelayanan maka dilakukan penelitian terhadap persepsi dan harapan konsumen terhadap kualitas 212 Mart di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisafaktor yang memepengaruhi persepsi konsumen terhadap 212 Mart dan bagaimana cara merancang pelayanan agar sesuai dengan harapan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di 212 Mart, sampel yang diambil adalah 100 orang. Data dari 100 sampel akan di uji menggunakan uji reliabilitas serta validitas agar data valid dan reliabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzyservqual. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis diketahui dimensi yang memiliki nilai gap paling tinggi adalah dimensi Assurance  (-1.5175),  sedangkan dimensi tangibles (-1,37), releability (-0,318), responsiveness (-0,176)  dan empathy (0,315).  Dari hasi nilai gap dapat disimpulkan bahwa dimensi assurance adalah dimensi yang harus ditingkatkan dengan melakukan 1) Menambah fasilitas pendingin ruangan agar konsumen merasa nyaman, 2) Mempekerjakan petugas keamanan atau menggunakan CCTV di area parkir 212 Mart.


Keywords


212 mart; fuzzy; kualitas; servqual

References


Arikunto, S., Prosedur P enelitian suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2014

Kotler, P., Amstrong G, Principles of Marketing, Pearson, England, 2010

Kotler, P, Manajemen Pemasaran, Indeks, jakarta, 2008

Kotler, P., Amstrong G, Marketing Management , Pearson education, London, 2016

Kotler, Philip, dan Amstrong, Garry. Principle of Marketing, Prentice hall Inc, 2000.

Nurdiyanto dan Fredo, D, Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Pendekatan Fuzzy dan Metode Service Quality pada Pusat Perbelanjaan Assalam Hypermarket, Universitas Muhammaddiyah Surakarta, 2008

Sopiah , dan Syihabudhin, Manajemen Bisnis Ritel, CV. Andi Offset, Yogyakarta, 2008.

Sugiyono. Metode penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif da kuantitatif), CV. ALVABETA, Bandung, 2007.

Soliha, E. Analisis industri Ritel Di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 2008

Tjiptono, F dan Chandra, G, Pemasaran Strategi, Penerbit Andi, Yogyakart, 2008

Utami, C., W., Tuti., Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis ritel Modern di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta, 2010

Kusumadewi, Sri, Analisa dan Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2002




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v16i1.6630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ismu Kusumanto, Ekie Gilang Permata, Tegie Gama Tehniko, Nofirza Nofirza, Muhammad Ihsan Hamdy


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen