Analisis persepsi konsumen terhadap 212 mart guna meningkatkan kualitas menggunakan metode fuzzy servqual
Abstract
Kualitas pelayanan adalah hal utama bagi minimarket untuk memuaskan harapan konsumen. 212 Mart merupakan pesaing baru dalam bisnis ritel, oleh karena itu 212 Mart harus memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumen agar konsumen merasa puas terhadap kualitas 212 Mart. Untuk mengukur kualitas pelayanan maka dilakukan penelitian terhadap persepsi dan harapan konsumen terhadap kualitas 212 Mart di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisafaktor yang memepengaruhi persepsi konsumen terhadap 212 Mart dan bagaimana cara merancang pelayanan agar sesuai dengan harapan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di 212 Mart, sampel yang diambil adalah 100 orang. Data dari 100 sampel akan di uji menggunakan uji reliabilitas serta validitas agar data valid dan reliabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzyservqual. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis diketahui dimensi yang memiliki nilai gap paling tinggi adalah dimensi Assurance  (-1.5175), sedangkan dimensi tangibles (-1,37), releability (-0,318), responsiveness (-0,176) dan empathy (0,315). Dari hasi nilai gap dapat disimpulkan bahwa dimensi assurance adalah dimensi yang harus ditingkatkan dengan melakukan 1) Menambah fasilitas pendingin ruangan agar konsumen merasa nyaman, 2) Mempekerjakan petugas keamanan atau menggunakan CCTV di area parkir 212 Mart.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S., Prosedur P enelitian suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2014
Kotler, P., Amstrong G, Principles of Marketing, Pearson, England, 2010
Kotler, P, Manajemen Pemasaran, Indeks, jakarta, 2008
Kotler, P., Amstrong G, Marketing Management , Pearson education, London, 2016
Kotler, Philip, dan Amstrong, Garry. Principle of Marketing, Prentice hall Inc, 2000.
Nurdiyanto dan Fredo, D, Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Pendekatan Fuzzy dan Metode Service Quality pada Pusat Perbelanjaan Assalam Hypermarket, Universitas Muhammaddiyah Surakarta, 2008
Sopiah , dan Syihabudhin, Manajemen Bisnis Ritel, CV. Andi Offset, Yogyakarta, 2008.
Sugiyono. Metode penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif da kuantitatif), CV. ALVABETA, Bandung, 2007.
Soliha, E. Analisis industri Ritel Di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 2008
Tjiptono, F dan Chandra, G, Pemasaran Strategi, Penerbit Andi, Yogyakart, 2008
Utami, C., W., Tuti., Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis ritel Modern di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta, 2010
Kusumadewi, Sri, Analisa dan Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2002
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v16i1.6630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ismu Kusumanto, Ekie Gilang Permata, Tegie Gama Tehniko, Nofirza Nofirza, Muhammad Ihsan Hamdy
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen