Peningkatan kesadaran merek maya hirai school of origami melalui inovasi dan kreativitas

Donant Alananto Iskandar, Nathanya Alviana, Farras Rika Sandria, Deni Natalius

Abstract


Pertumbuhan inovasi dan kreativitas di era ini memiliki dampak besar di setiap sektor, seperti origami. Origami menjadi salah satu hiburan yang telah ditinggalkan dan dilupakan oleh sebagian besar orang saat ini. Kurangnya pengakuan oleh masyarakat terhadap origami menciptakan minat dalam meneliti bagaimana meningkatkan kesadaran merek melalui cara-cara kreatif dan inovatif di Maya Hirai School of Origami Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana cara-cara inovatif dan kreatif yang telah dilakukan dapat meningkatkan kesadaran merek Maya Hirai School of Origami dan hambatan yang dihadapi oleh Maya Hirai School of Origami untuk meningkatkan kesadaran merek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan triangulasi sumber sebagai metode analisis. Temuan yang dihasilkan dari makalah ini adalah sumber daya manusia yang terbatas dan kurangnya minat masyarakat pada Origami, sehingga upaya kreatif dan inovatif perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan merek Maya Hirai School of Origami.



Keywords


Inovasi; kreativitas; kesadaran merek

References


Amabile, T. M. (1996) Creativity in Context: Update to “The Social Psychology of Creativity”. Boulder, CO: Westview Press.

Ardianto, E. (2011) Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Carmeli, F dan Weisberg, H. (2006). Retaining Talent: Assessing Job Satisfaction Facets Most Significantly Related to Software Developer Turnover Intentions. Journal of Information Technology Management. Volume XIX, Number 4.

Fontana, A. (2011) Innovate We Can! Bekasi: Cipta Inovasi Sejahtera.

http://mayahirai.com/ diakses pada tanggal 21 April 2018 pukul 8.00 WIB.

Mauzy, G.H. (2006) Managing Personal Creativity, Design Management Review, Summer.

Sulistyo, B. (2006) Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Yuswohady dan Gani (2015) “8 wajah kelas menengah”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v15i2.6488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Donant Alananto Iskandar, Nathanya Alviana, Farras Rika Sandria, Deni Natalius


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen