Pengaruh pressure, opportunity, rationalization dan capability terhadap financial statement fraud

Amanda Pribadi, Muhammad Nuryatno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh opportunity, rationalization dan capability terhadap financial statement fraud. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2015-2016. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya nature of industry yang berpengaruh terhadap financial statement fraud. Penelitian ini tidak membuktikan bahwa financial target, financial stability, external pressure,change in auditor dan change of director memiliki pengaruh terhadap financial statement fraud


Keywords


Fraud diamond; kecurangan laporan keuangan

References


Annisya, Mafiana. Lindrianasari. Asmaranti, Yuztitya. 2016. Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Fraud Diamond. Jurnal Bisnis dan Ekonomi

Association of Certified Fraud Examiners (ACFE). 2014. Report to Nation.

Anjar. 2010. Akuntansi Forensik & Audit Investigatif, Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariae dengan Program SPSS, Edisi 3. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Halim, et al. 2005. Pengaruh Manajemen Laba pada Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk dalam Indeks LQ. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi ke-X Makasar,26-28 Juli 2012.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Mafiana, Lindrianasari dan Yuztitya. 2016. Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Fraud Diamon. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE)

Muhammad Nuryatno dan Tyas. 2018. “Analisis Rasio Keuangan Sebagai Deteksi Kecurangan Laporan Keuangan Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek”

Norbani, L. 2012. Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Dengan Analisis Fraud Diamond. Skripsi: Universitas Diponegoro

Prasastie, Agung. 2015. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan laporan keuangan dengan perspektif fraud diamond.

Pratiwi. 2014. Kasus Manipulasi Laporan Keuangan. Diakses dari http://praatiwii.blogspot.com/2014/11/kasus-manipulasi-laporan-keuangan-pt-kai.html.

Rahmanti, M.M. 2013. Pendeteksian Kecurangan laporan Keuangan Melalui Faktor Risiko Tekanan dan Peluang. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Scott, R.W. 1997. Financial Accounting Theory, Prentice Hall, New Jersey.

Sihombing. 2014. Analisis Fraud Diamond dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Journal of Accounting Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Semarang.

Skousen, Cristoper J. dan Brady Jamest Twedt. 2009. Fraud Score Analysis in Emerging Markets Journal of Accounting and Economics Vol 16, No. 3, Hal 301-315.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Surifah. 1999. Analisis Financial Statement Fraud Melalui Pendekatan Earnings Manajemen dan Konsep ERP di Perusahaan Manufaktur BEI.

Tuanakotta. T.M. 2007. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Wolf, D.T. dan Hermanson, D.R. 2004. The Fraud Diamond: Considering the Four Element of Fraud. The Certified Public Accountants (CPA) Journal.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v15i2.5232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Amanda Pribadi, Muhammad Nuryatno


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen