Kajian implementasi konsep one village one product (ovop) di kalimantan timur

Irwan Gani, Muliati Muliati

Abstract


Kajian Implementasi Konsep One Village One Product (OVOP) di Kalimantan Timur. Terdapat tiga hal yang ingin diketahui dari kajian ini yaitu pertama, mengidentifikasi produk unggulan daerah melalui pendekatan one village one product (OVOP); kedua, mengidentifikasi potensi pasar produk unggulan daerah melalui pendekatan one village one product (OVOP); dan ketiga, mengidentifikasi strategi pengembangan dan pemasaran produk unggulan daerah melalui pendekatan one village one product (OVOP). Tujuan pertama dan kedua didekati dengan menggunakan analisis statistik deskriptig, sedangkan tujuan kajian yang ketiga didekati melalui analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa produk lokal Kalimantan Timur yang masuk ke dalam kriteria program unggulan daerah dan memiliki potensi pasar yang masih memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut. 


Keywords


one village one product (ovop); produk unggulan; kalimantan timur

References


Anonim. 2011. Oita OVOP International Exchange Promotion Committee. Japan. www.ovop.jp/en/index.htm.

Dirjen IKM. 2013. Juknis Dirjen IKM Nomor 98/IKM/PER/(/2013 tentang Pelaksanaan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (One Village One Product – OVOP).

Jica.go.jp, (2014). One Village One Product Promotion Project (OVOP) Ethiopia, Countries & Regions JICA. [online] Available at: http://www.jica.go.jp/ethiopia/english/activities/agriculture05.html

Ovop.jp, (2010). Oita International OVOP Exchange Committee. [online] Available at: http://www.ovop.jp/en/

Thai Embassy.sg, (2014). What is OTOP? | Royal Thai Embassy. [online] Available at: http://www.thaiembassy.sg/friends-of-thailand/p/what-is-otop

Hidayat. 2008. Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan dan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (P2NFI) Regional I Jayagiri dalam http://bpplsp-reg2.go.id/ cetak.php?id=18.

Irfan View-Blog. 2011. Konsep SAKA SAKTI Prof. Martani Husaini dalam http:// irtu4l.wordpress.com/kajian-kompetensi-inti-daerah. Rahman Said. 2011. Jeruk Kalamansi. Food Entrepreneurship Institute. Jakarta.

Joubert B Maramis. 2013. Kawasan Ekonomi Khusus, bab III: Produk Unggulan, Kompetensi Inti dan Daya Saing Daerah. http://joubertbmaramis.blogspot.com/2013/02/produk-unggulan-kompetensi- inti.html




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v14i2.4188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INOVASI

 
 
 
 
 
 
Indexing:
 







Creative Commons Licence

INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen  pISSN: 0216-7786   eISSN: 2528-1097  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

 free
hit counter View My Stats