Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah

Ferry Khusnul Mubarok

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai jenis sosialisasi dan edukasi, dan peranannya terhadap minat investasi, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta menganalisis efektivitas sosialisasi dan edukasi pasar modal syariah. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dan edukasi kepada mahasiswa melibatkan berbagai informan yang meliputi teman, dosen, pengurus galeri investasi, seminar, kuliyah, media (cetak maupun elektronik), selebaran, guru SMA, buku, orang tua, dan internet. Sosialisasi dan edukasi juga melibatkan media sosial yang meliputi facebook, BBM, line, blog, whatsap, instagram, kakaotalk, buku, twitter, internet (searching), dan wechat. Peran masing-masing informan dan media beragam, baik dari sisi intensitas maupun pengaruhnya (peranan) terhadap minat investasi mahasiswa. Faktor pendukung minat investasi mahasiswa meliputi memajukan pasar modal, keingintahuan, untuk tabungan masa depan, ingin mendapatkan keuntungan (laba),belum tahu, ingin menjadi pengusaha sukses, ingin kaya, ingin berinvestasi, ingin memiliki saham, karena menjanjikan, dan warren buffet (tokoh). Sementara faktor pengahambatnya meliputi modal (uang), kerugian, kurangnya pengetahuan (cara dan tempat), ragu-ragu kesyariahannya. Berdasarkan temuan tersebut, maka perlu adanya strategi untuk mengoptimalkan peranan sosialisasi dan edukasi agar semakin luas dan merata.


Keywords


Sosialisasi; edukasi; investasi; dan pasar modal syariah

References


Bungin, Burhan, 2013, Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi; Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran, Jakarta: Kencana.

Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan, 2015, Roadmap Pasar Modal Syariah 2015-2019; Membangun Sinergi untuk Pasar Modal Syariah yang Tumbuh Stabil, dan Berkelanjutan.

Gunawan. (2011). Pengaruh Analisis Fundamental Terhadap Harga Saham (Studi Empiri Terhadap Saham-Saham Syariah Di Jakarta Islamic Indeks). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 1(April), 47–58.

Idrus, Muhammad, 2009, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Erlangga.

Khotimah, H., Warsini, S., & Nuraeni, Y. (2016). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah di Pasar Modal (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). Account, 423–433. Retrieved from http://akuntansi.pnj.ac.id/upload/artikel/files/SabarWaarsiniJuni2016.pdf

Peristiwo, H. (2016). Analisis Minat Investor Di Kota Serang Terhadap Investasi Syariah Pada Pasar Modal Syariah. Ekonomi Keuangan Dan Bisnis Islam, 7(1), 37–52.

Roadmap Pasar Modal Indonesia 2015-2019 (Online). (http://www.ojk.go.id, diakses 10 Maret 2016)

Supriadi, F., & Hariyanto, D. (2017). FAKTOR PERTIMBANGAN MASYARAKAT MEMILIH DAFTAR EFEK SYARIAH. Jurnal Manajemen MOTIVASI, 13(No. 1), 802–806.

Tim Studi Analisa Efektifitas Penyebaran Informasi Dalam Rangka Sosialisasi Pasar Modal. 2006. Analisa Efektifitas Penyebaran Informasi Dalam Rangka Sosialisasi Pasar Modal. Jakarta

Yanti, M., Ubud, S., Made, S., & Djumahir. (2012). Determinan Price Earning Ratio dan Stock Return (Studi pada Saham-saham Syariah di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(66), 273–290.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v14i2.4119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INOVASI

 
 
 
 
 
 
Indexing:
 







Creative Commons Licence

INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen  pISSN: 0216-7786   eISSN: 2528-1097  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

 free
hit counter View My Stats