Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di desa kualu nenas kecamatan tambang kabupaten kampar provinsi riau

Dewi Sartika, Agustin Basriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Desa Kualu Nenas merupakan desa yang terkenal dengan hasil pertaniannya yaitu buah nenas. Buah nenas tersebut diolah menjadi keripik nenas, yang merupakan oleh-oleh khas daerah tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah melakukan pembelian keripik nenas minimal dua kali di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Dengan asumsi jumlah pelanggan tidak dapat diketahui dengan pasti, maka jumlah sampel ditentukan dengan rumus Wibisono, yaitu sebanyak 96 pelanggan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) kualitas produk yaitu fitur dan desain berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau, sedangkan kualitas produk lainnya kinerja, kehandalan, daya tahan dan kesesuaian tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau, 2) kualitas produk yang terdiri dari kinerja, kehandalan, fitur, daya tahan, kesesuaian, dan desain berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau.


Keywords


kualitas produk; kepuasan pelanggan

References


Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi, edisi pertama. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Buchory, Herry Achmad dan Saladin, Djaslim.2013. Manajemen Pemasaran:Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya Bandung

Gasperz, V. 2009. Total Quality Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Husnul, Yetty Hayati dan Gracia Sekartaji Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Volume 1 No. 1 Tahun 2015, Hal. 49-56. E-ISSN 2502-5678

Hurriyati, R.D. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Alfabeta CV

Irawan, Handi.2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia: Jakarta

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

----------------. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. AlihBahasa Benyamin Molan. Jakarta.: Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary.2010. Prinsip Prinsip PemasaranEdisi 12. Jilid 2. Jakarta: Penerbit

Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: PT Erlangga

Kotler, Philip dan Lane, Kevin Lane. 2009.Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

Lupiyoadi, Rambat.2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook. Mediakom: Yogyakarta

Purnama, Suryani dan Rizki Sandrini.Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Tas Sophie Paris. Forum Ilmiah Volume 9 Nomer 2, Mei 2012.

Rahim, T. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Amoole Distro. Pekanbaru.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta

Sekartaji, G. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. Vol 1, No 1 ISSN:2502-5678

Sudaryono. 2016.Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Jogjakarta: Penerbit Andi Tjiptono, Fandi.2008. Strategi Pemasaran. Jogjakarta: Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v14i2.3910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INOVASI

 
 
 
 
 
 
Indexing:
 







Creative Commons Licence

INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen  pISSN: 0216-7786   eISSN: 2528-1097  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

 free
hit counter View My Stats