Pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan dana perimbangan terhadap belanja daerah

Irfan Ferdiansyah, Dwi Risma Deviyanti, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


Wujud dari perimbangan keuangan adalah adanya dana perimbangan yang terdiri dari Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus yang berasal dari pusat dan bersumber dari pendapatan APBN dalam rangka mendanai pelaksanaan desentralisasi guna menciptakan kesimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah yang memiliki Pendapatan Asli Daerah relatif kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris mengenai pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Perimbangan terhadap Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten/kota di Kalimantan Timur tahun 2011-2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum yang berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah, sedangkan  Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan tidak pengaruh signifikan terhadap Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Pendapatan asli daerah; dana alokasi umum; dana alokasi khusus; dana perimbangan; dan belanja daerah

References


Adventino, Yohanes Eko. (2016). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Lain-Lain Pendapatan Daerah yang Sah terhadap Belanja Daerah Kota Balikpapan. Skripsi S1. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Kaltim. 2017 Statistik Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Kaltim 2011-2016,BPS, Kaltim.

Farizi, Sina Muhammad Salman. (2014). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan terhadap Belanja Daerah pada 9 Pemerintah Kota di Provinsi Jawa Barat Tahun 2010-2013. Universitas Komputer Indonesia.

Ferdian, Yuriko. (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah terhadap Belanja Daerah. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Padang

Kusnandar. (2012). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah terhadap Belanja Daerah. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Cetakan Kelima. BPUNDIP. Semarang.

Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23, Cetakan Kedelapan. BPUNDIP. Semarang.

Igna, Gregorius. (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah terhadap belanja Daerah di Kabupaten Bengkayang. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Sanata Dharma.

Http://pemprovkaltim/apbd.go.id, diakses pada 10 Maret 2017.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Okrtiniatmaja, Rini. 2011. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal dalam APBD Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rahmawati, Nur Indah. (2010). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Alokasi Belanja Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). Skripsi tidak di publikasikan.

Pratiwi,Novi.2007. Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Prediksi Belanja Daerah Pada Kabupaten/Kota di Indonesia. Skripsi Sarjana (Dipublikasikan). Fakulatas Ekonomi UIIO ;Yogyakarta.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Daerah.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2015.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Sahnun, Suhirman. (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Daerah Kabupaten / Kota di Kalimantan Timur. Skripsi S1. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Wiyono, Gendro. (2011). 3 In One: Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS, 2.0 Edisi 1. Yogyakarta, Indonesia: UPP STIM YKPN.

Wulansari, Dessy Tri. (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Terhadap Belanja Daerah Serta Analisis Flypaper Effect Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat Tahun 2012 – 2013. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v14i1.3546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Irfan Ferdiansyah, Dwi Risma Deviyanti, Salmah Pattisahusiwa


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen