Pengaruh pertumbuhan penjualan dividen dan investasi terhadap hutang pada perusahaan manufaktur

Miya Nova Hikmawati, Yana Ulfah, Zaki Fakhroni Fakhroni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan hasil bahwa pertumbuhan penjualan, dividen dan investasi dapat berpengaruh dalam meningkatkan hutang perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data panel (gabungan cross section dan time series). Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 328 tahun perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap hutang perusahaan. Sedangkan dividen dan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hutang perusahaan. Penelitian ini mendukung pecking order theory, bahwa ketika kas  internal tidak  mampu  membiayai  investasi  rill  dan  dividen  maka  perusahaan  akan menggunakan hutang.


Keywords


Hutang; pertumbuhan penjualan; dividen, investasi

References


Al, Haryono Jusup. 2011. Dasar- Dasar Akuntansi Jilid II, Edisi Ke-7. Cetakan Pertama.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. YKPN. Yogyakarta.

Andrayani, Ni Putu Devi dan I Made Surya Negera Sudirman. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Tangibility Assets Terhadap Struktur Modal. Universitas Udayana, Bali.

Bisniskeuangan kompas. 2015. Hutang Luar Negeri Indonesia Kembali Naik. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/03/20/111200126/Utang.Luar.Negeri.Ind onesia.Kembali.Naik. Diakses tanggal 14 Oktober 2016.

Brealy, Richard A; Stewart C. Myers, dan Alan J. Marcus. 2008. Dasar- Dasar Manajemen

Keuangan Perusahaan Jilid 2. Alih Bahasa: Penerbit Erlangga. Erlangga. Jakarta.

Brigham, Eugene F, dan Jeol F. Houston. 2006. Dasar- Dasar Manajemen Keuangan, Edisi

Ke-10. Alih Bahasa: Ali Akbar Yulianto. Salemba Empat. Jakarta.

Devie. 2002. Strategi Keuangan Matriks: Alat Bantu Keputusan Investasi dan Pembiayaan.

Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Fadhilla, Kiki dan Jubaedah. 2014. Pengaruh Arus Kas Bebas, Pertumbuhan, dan Struktur Aset Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Jakarta.

Fakhroni, Zaki. 2017. Inefesiensi Aset Tetap dan Pemegang Saham Pengendali Dalam Hubungan Aliran Kas Bebas Terhadap Manajemen Laba. Disertasi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Frank, Murray Z and Vidhan K Goyal. 2003. Testing the pecking order theory of capital structure. Journal of Financial Economics 67, 217–248.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2012. Partial Least Square Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2014. Partial Least Square Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 4.0, Second Edition. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Halomoan, Gina dan Chaerul Djakman. 2001. Pengujian Pecking Order Theory Hypothesis Pada Emiten di Bursa Efek Jakarta Tahun 1994 dan 1995. Universitas Indonesia, Jakarta.

Haruman, Tendi. 2006. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan (Survey Pada Perusahaan Manufaktur di PT. Bursa Efek Indonesia). Universitas Widyatama.

Indahningrum, Rizka Putri dan Ratih Handayani, 2009. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan, Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 11, No. 3, Desember: 189-207.

Irawan, Arif; Rina Arifiati dan Abrar Oemar. 2016. Pengaruh Aset Berwujud, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Lama Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014. Journal Of Accounting, Vol.2, No.2. Maret.

Joko, FX Agus. 2011.Analisis Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Go Public di BEI. Media

Mahardhika, Vol 9, No 3. Mei.

Julita, 2011. Pengaruh Kebijakan Dividen, Investasi, dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan

Hutang Pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Karinaputri, Nanda dan Sofian. Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan

Dividen, Profitabilitas dan pertumbuhan Perusahaan Terhadap kebijakan Hutang

(Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun

-2010). Diponegoro Journal of Management, Vol.1, No1.

Kesuma, Ali. 2009. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate Yang GO Public di Bursa Efek Indonesia, Vol.11, No.1, Maret: 38-49.

Khusnul, Fatkhiatur dan Erman Denny Arfianto, 2012. Analisis Pengaruh Capital Expenditure, Sales Growth, Profitability, size dan Rating Premium Terhadap Struktur Modal (Studi Perbandingan pada Perusahaan Food and Beverage dan Automotive and Allied Product Periode 2006-2011), Diponegoro Journal Of Management Vol 1, No

Maftukhah, Ida. 2013. Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kinerja Keuangan Sebagai Penentu Struktur Modal Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 4, No.1, Maret: 69-81.

Mahnazmahdavi; Mokhtarbaseri, Afshin Zare and Hamideh Zare. 2013.The effect of sales growth on the determinants of capital structure of listed companies in Tehran Stock Exchange. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(2): 306-311.

Martani, Dwi; Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, Edward Tanujaya, dan Taufik Hidayat. 2015. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

Moeljadi. 2006. Manajemen Keuangan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Jilid 1. Cetakan

Pertama. Bayumedia Publishing. Malang.

Murni, Sri dan Andriana. 2007. Pengaruh Insider Ownership, Institusional Investor, Dividen Payment, dan Firm Growth Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 7, No 1, Februari: 15-24.

Okezone Finance. 2015. Mayoritas Hutang Luar Negeri Dimiliki Perusahaan Swasta.http://economy.okezone.com/read/2015/07/24/20/1184810/mayoritas-utang- luar-negeri-dimiliki-perusahaan-swasta. Diakses tanggal 13 Oktober 2016.

Pradhana, Afi; Taufeni Taufik dan Lila Anggaini. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, JOM FEKON Vol. 1, No. 2, Oktober.

Sari, Dita Novita dan Prasetiono. 2015. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi

Kebijakan Hutang Perusahaan. Diponegoro Journal of Management, Vol. 4, No.2.

Sheisarvan, Revi Maretta; Nengah Sudjana dan Muhammad Saifi, 2012. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di BEI Periode 2010-2012). Universitas Brawijaya, Malang.

Sujoko, dan Ugy Soebiantoro. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai perusahaan (Studi Empirik pada Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur di Bursa Efek Jakarta).Universitas Petra, Surabaya.

Sumarni, M., dan Soeprihanto, J. 2003. Pengantar Bisnis (Dasar- Dasar Ekonomi

Perusahaan), Cetakan Keempat. Liberty. Yogyakarta.

Sunder, Lakshmi Shyam and Stewart C. Myers. 1999. Testing static tradeoff against pecking order models of capital structure. Journal of Financial Economics 51, 219–

Surya, Rahayuningsih dan Ariyanti. 2012. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol.14, No.3. Desember: 213-225.

Susanti, Faria. 2014. Pengaruh Likuiditas, Kebijakan Dividen, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Susanto, Yulius Kurnia. 2011. Kepemilikan Saham, Kebijakan Dividen, Karakteristik Perusahaan, Risiko Sistematik , Set Peluang Investasi Terhadap Kebijakan Hutang. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol.13, No. 3. Desember: 195-2010.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan: Teori Konsep & Aplikasi, cetakan kedelapan.

EKONISIA. UII. Yogyakarta.

Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga.

BPFE. Yogyakarta.

Thanatawee, Yordiying. 2011. Life-Cycle Theory and Free Cash Flow Hypothesis: Evidence from Dividend Policy in Thailand.International Journal of Financial Research, Vol. 2, No. 2. July.

www.bi.go.id

www.sahamok.com

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v13i2.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Miya Nova Hikmawati, Yana Ulfah, Zaki Fakhroni Fakhroni


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen