Pengaruh produk domestik regional bruto dan inflasi terhadap dana pihak ketiga serta penyaluran kredit

Aspyan Noor, Anis Rachma Utary, Fitriadi Fitriadi

Abstract


Penelitian kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (X1) dan Inflasi (X2) terhadap Dana Pihak Ketiga (Y1) dan penyaluran Kredit (Y2) pada Bankaltim di Propinsi Kalimantan Timur. Data deret waktu untuk penelitian ini adalah: Produk Domestik Regional Bruto dan Inflasi yang diperoleh dari data Biro Statistik, dan Dana Pihak Ketiga dan Distribusi Kredit yang diberikan oleh Bankaltim, mulai dari tahun 2006 sampai 2013. Data tersebut kemudian dianalisis dengan cara Analisis Jalur dengan bantuan Perangkat Lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk Domestik Regional Bruto dan Inflasi berpengaruh positif langsung terhadap variabel Dana Pihak Ketiga, dan Variabel Distribusi Kredit. Pengaruh tidak langsung Produk Domestik Bruto dan Inflasi terhadap Penyaluran Kredit juga positif namun tidak signifikan. Dan akhirnya, Dana Pihak Ketiga menunjukkan efek langsung positif yang tidak signifikan terhadap Penyaluran Kredit di Bankaltim.


Keywords


produk domestik bruto; inflasi; dana pihak ketiga; distribusi kredit; bank

References


Affandy, Muhammad. (2011). Pengaruh PDRB Riil dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Tabungan Masyarakat di Propinsi Sulawesi Selatan periode 1995-2009. Skripsi. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar.

Anthony, Orji. (2012). Bank Savings and Bank Credit in Nigeria: Determinants and Impact on Economics Growth. International Journal of Economics and Financial Issues. Vol.2 No.3. pp.357-372.

Bank Indonesia. (2014). Moneter. www.bi.go.id/id/moneter/inflasi. Diakses 17 Desember 2015.

Chaturvedi, Vaibhav., Brajesh Kumar dan Ravindra H. Dholakia. (2009). Inter-relationship Between Economic Growth, Savings and Inflation in Asia. Journal Of International Economics Studies. Vol.- No.23. pp. 1-22.

Hasibuan, Malayu S. P. (1996). Manajemen Perbankan Dasar dan Kunci Keberhasilan Perekonomian. Jakarta: Toko Gunung Agung.

Hendra, Yenny. (2012). Analisis Pengaruh PDRB, Suku Bunga, Tingkat Inflasi dan Kurs Valuta Asing terhadap Simpanan masyarakat pada Bank Umum di Kalimantan Barat. Tesis Program Magister Ilmu Ekonomi. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Hossain, Akhtar. (2010). The Evolution of Central Banking and Monetary Policy in the Asia-Pacific. USA: Edward Elgar Publishing.

Kasmir. (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Manurung, Mandala, dan Prathama Rahardja. (2004). Uang, Perbankan, Dan Ekonomi Moneter: Kajian Kontekstual Indonesia: Berdasarkan UU No. 7/1992 Sebagaimana Diubah Dengan UU No. 10/1998, UU No. 3/2004 (Perubahan Atas UU No. 23/1999): Dilengkapi Arsitektur Perbankan Indonesia (API). Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Mishkin, Frederic S. (2008). Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan. Edisi Sembilan, jilid 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Republik Indonesia. (1998). Undang-Undang Nomor Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas UU No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Riduwan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Cetakan 4. Bandung: Alfabeta.

Siamat, Dahlan. (2005). Manajemen Lembaga Keuangan: “Kebijakan Moneter dan Perbankan”. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Sukirno, Sadono. (2006). Ekonomi Pembangunan Proses masalah dan Dasar Kebijakan, cetakan ketiga. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sultana, Samar and Anwar Ali Shah G. Syed. (2010). Macroeconomic Determinants of Savings and Investment in Pakistan. Journal of Business Strategies. Vol. 4 No. 2. pp. 28-42.

Susilo, Sri Y. (2000). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v13i2.1502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aspyan Noor, Anis Rachma Utary, Fitriadi Fitriadi


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen