Pengaruhe-crm dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan mataharidepartement store karawang

Dewi Ratna Sari, Ira Nursehah, Maulidiya Miftahul Ghina, Abdul Yusuf

Abstract


Matahari Departement Store pada lima tahun terakhir mengalami peningkatan pejualan sebanyak 0,59% maka penyusun mengindikasikan adanya faktor yang mempengaruhi peningkatan penjualan tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan E-CRM, Kepuasan pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan pada Matahari Departement Store, sehingga dalam penelitian ini terdapat tiga variable, yaitu E-CRM (X1), Kepuasan Pelanggan (X2), dan Loyalitas Pelanggan (Y). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Untuk mendapatkan jumlah sampel yang lebih representative, maka teknik sampling atau perhitungan berapa jumlah sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Karawang yang menjadi pelanggan Matahari Departement Store. Hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-CRM (X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2) berpengaruh positif terhadap Loyaltas Pelanggan secara parsial (sendiri-sendiri) maupun simultan (bersama-sama) meskipun perannya belum menunjukkan pengaruh yang tinggi dengan hasil 11,5%.


Keywords


E-CRM; kepuasan pelanggan; loyalitas pelanggan

References


Anang Firmansyah. (2020). Pengantar E-Marketing.

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Jurnal Penelitian Ilmu Managemen, 2(2), 63. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/21429

badan pusat statistik kabupaten karawang. (2010). https://karawangkab.bps.go.id/statictable/2016/10/27/55/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-di-kabupaten-karawang-2010-2014-dan-2015.html

Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124

Eka, S., Ariva, V., & Fauzana, F. (2018). Jurnal Manajemen Indonesia Analisis Faktor Kondisi Ekonomi , Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(3), 197–208.

Hikmah, H., Siagian, M., & Siregar, P. (2020). Analisis Tingkat Literasi Keuangan, Experienced Regret, dan Risk Tolerance pada Keputusan Investasi di Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 138–146. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.142

Matahari Departement Store. (n.d.). https://www.matahari.com/

Ritel Fashion. (2015). http://citraindonesia.com/menperin-industri-fashion-jadi-pridona-subsektor-industri-kreatif/

Rosalina, V., & Nurhadiyan, T. (2018). Pemodelan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Pada Rumah Sakit. Jurnal PROSISKO, 5(2), 1–5.

Samsudin, S. (2019). Analisis Loyalitas Pelanggan Di Pt Nutrifood, Kotamadya Bogor. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(2), 179–193. https://doi.org/10.31334/trans.v1i2.302

Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. GO-JEK). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91

Sugiyono. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Selama Periode Tahun 2011-2015. “Metode Penelitian Pada Dasarnya Merupakan Cara Ilmiah Untuk Mendapatkan Data Dengan Tujuan Dan Kegunaan Tertentu.” Dalam, 1(2), 47–71.

Suhari, Y., Jananto, A., & Diartono, D. A. (2018). Fitur e-crm operasional pada toko online. 150–155.

Trisusanti, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). Jom Fisip, 4(2), 1–16.

Zahara, R. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.121




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i1.9089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 FORUM EKONOMI