Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan

Ramsa Satria Bagaskara, Kartika Hendra Titisari, Riana Rachmawati Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder laporan tahunan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman dengan menggunakan metode purposive sampling, menghasilkan 14 perusahaan yang layak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas, leverage dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Nilai perusahaan; profitabilitas; leverage; kuran perusahaan; kepemilikan manajerial

References


Adenugba, A. A., Ige, A. A., & Kesinro, O. R. (2016). Financial Leverage and Firms' Value: A Study of Selected Firms in Nigeria. European Journal of Reserach and Reflection in Management Sciences, Vol.4. No.1.

Aggarwal, D., & Padhan, C. P. (2017). Impact of Capital Structure on Firm Value: Evidence from Indian Hospitality Industry. Theoretical Economics Letter, Vol. 7, Hal.982-100.

Alfinur. (2016). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Listing di BEI. Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol.12, No.1, pp : 44-50.

Anggita, N., Salim, M., & Wahono, B. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. Jurnal Riset Manajemen.

Aulia, A. N., Mustikawati, R. I., & Hariyanto, S. (2020). Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Intelectual Capital terhadap Nilai Perusahaan. Journal Riset Mahasiswa Manajemen, Vol. 6, No. 1.

Ayem, S., & Tia, I. (2019). Pengaruh Perencanaa Pajak, Kebijakan Dividen dan Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan LQ45 yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia) Periode 2012-2016. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, Vol.1, No.2.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Dang, H. N., Vu, V. T., Ngo, X. T., & Hoang, H. V. (2020). Impact of divident policy on corporate value: Experiment in Vietnam. International Journal Financial Econ, 1-11.

Darmawan, A., Nisa, A., & Rejeki, N. (2018). The Effect of Management Ownership, Institutional Ownership, Corporate Social Responsibility and Profitability to the Company's Value. International Journal of Islamic Business and Economics, Vol.2, No. 2, Hal 107-117.

Dewi, K., & Sulistiyo, H. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol.5, No.3, Hal 602-614.

Dewi, S. C. (2008). Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Deviden. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol.10, No.1, pp : 47:58.

Harahap, S. S. (2010). Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, Vol.16, No.2. Hal 232-242.

Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Buletin Ekonomi Moneter, 127-148.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mariani, D. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Sosial dan Kinerja Lingkungan sebagai Variabel Moderator. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.7.

Martono, & Harjito, A. (2008). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonesia.

Mutiya, A. (2012). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011.

Nandita, A., & Kusumawati, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Size dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan. Change Agent For Management Journal, Vol.2, No.2.

Nugraha, R. A., & Alfarisi, M. F. (2020). Pengaruh Profitablitas, Leverage, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Management, Vol.5, No.2.

Poluan, S. J., & Wicaksono, A. A. (2019). Pengaruh Pengungkapan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan pada Badan Usaha Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. JIM UPB, Vol.7, No,2.

Rahayu, M., & Sari, B. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Ikraith-Humaniora, Vol.2, No.2.

Riyanto, B. (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi Keempat Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Gajah Mada.

Sari, R. I., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.5, No.10.

Sucuahi, W., & Cambarihan, J. M. (2016). Influence of Profitability to the Firm Value of Diversifield Companies in the Philippines. Accounting and Finance Research , Vol. 5, No. 2.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujoko, & Soebiantoro, U. (2007). Pengaruh Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Management dan Kewirausahaan, IX(1) pp : 41-48.

Wahidahwati. (2002). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Kebijakan Hutang Perusahaan: Sebuah Perspektif Theory Agency. Jurnal Riset Akuntansi Indoensia, Vol.5, No.1, pp.1-16.

Warsono. (2003). Manajemen Keuangan Perusahaan Edisi Ketiga. Jakarta: Banyumedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jfor.v23i1.8949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 FORUM EKONOMI