Kualitas layanan perkaderan imm pada stie muhammadiyah mamuju

Kaharuddin Kaharuddin, Furqan Furqan

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) pada lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah yaitu STIE Muhammadiyah Mamuju. Salah satu metode yang digunakan oleh IMM dalam melakukan internalisasi gerakannya melalui perkaderan. Responden penelitian ini adalah mahasiswa dan alumni STIE yang telah melalui perkaderan di IMM. Survei dimaksudkan untuk mengetahui bagaimanakah layanan perkaderan IMM menurut responden. Kegiatan survei dilakukan dengan mengumpulkan responden pada waktu tertentu untuk mengisi kuisioner yang telah disiapkan. Selain survei akan dilakukan focus group discussion (FGD) dengan kelompok khusus mahasiswa yang masih aktif dan kelompok khusus alumni. Penentuan responden menggunakan purposive random sampling, dengan ketentuan dan kesediaan waktu responden. Teknik analisis data menggunakan analisis IPA (important performance analysis) dan analisis kuadran terkait dimensi layanan. Hasil penelitian menunjukkan dimensi keandalan dengan 81% pada kuadran IV, dimensi daya tanggap 78% pada kuadran III, dimensi jaminan 84% pada kuadran II, dimensi empati 78% pada kuadran III dan dimensi bukti fisik 78% pada kuadran I.


Keywords


Kualitas layanan; perkaderan; analisis ipa; analisis kuadran

References


Algifari. 2016. Mengukur kualitas Layanan dengan indeks kepuasan, metode Importance Performance Analisis (IPA), dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE

Dahlia. 2013. "Analisis Kualitas Layanan Kafe Baca Balai Pengembangan Pengembangan Anak Usia Dini Non-Formal dan Informal Regional III di Makassar". Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Kotler, Philip. 2004. Marketing Insight From A to Z. Jakarta: Erlangga.

Majelis Pendidikan Kader; Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2016. Yogyakarta; MPK PP Muhammadiyah.

Mosahab, Rahim. Osman Mahamad. T. Ramayah. 2010. Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty: A Test of Mediation. International Business Research Vol. 3, No. 4. The School of Management and Institute of Postgraduate Studies (IPS) at Universiti Sains Malaysia (USM).

Napitupulu, Paimin, Dr., MSi., 2007, Pelayanan Publik dan Customer Satisfaction. Bandung: PT Alumni.

Nasution, M.N. 2010. Total Service Management, Manajemen Jasa Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia

Natassia, Rizky. 2012. Importance Performance Analysis (IPA) Dimensi Kualitas Pelayan Jasa Rumah Sakit Selasih Terhadap Kepuasan Pasien. Sumatera Barat: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Sumatera Barat Vol. 1 No. 1.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2016. Manajemen Pelayana, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction Yogyakarta: Penerbit Andi

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i1.8338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Kaharuddin Kaharuddin, Furqan Furqan


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi