Analisis faktor under pricing saat initial public offering di bursa efek indonesia

Atikah Apriliani, Zulpahmi Zulpahmi, Sumardi Sumardi

Abstract


Modal merupakan dana yang diinvestasikan pemilik untuk menjalankan tugasnya. Hal ini dilakukan agar dalam menjalankan operasional perusahaan menjadi optimal dan berkembang. Maka, diperlakukannya berbagai alternatif sumber pendanaan misalnya dengan melaksanakan Initial Public Offering (IPO). Fenomena yang sering terjadi pada saat IPO lebih rendah dibandingkan dengan harga saham di pasar sekunder. Underpricing menguntungkan untuk investor karena akan memperoleh initial return yang besar, sedangkan perusahaan menghindari Underpricing karena perusahaan tidak memperoleh dana maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Underpricing pada saat IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2018. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan pada penelitian kali ini merupakan emiten  yang melakukan IPO di BEI periode 2013-2018. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial Leverage, Likuiditas, dan Reputasi Underwriter berpengaruh signifikan terhadap  variabel Underpricing, sedangkan Profitabilitas , Reputasi Auditor, dan Persentase Saham yang Ditawarkan tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing. Secara simultan Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, dan Persentase Saham yang Ditawarkan berpengaruh secara signifikan terhadap Underpricing

Keywords


Underpricing; ipo; profitabilitas; leverage; likuiditas; reputasiunderwriter; reputasi auditor; persentase saham yang ditawarkan

References


Adhiati, A. H. (2015).Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi TingkatUnderpricingPadaPerusahaan Yang Melakukan Penawaran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013.Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro,1-14.

Asrini. (2017). ModelUnderpricing Saham Pada Penawaran Umum Perdana(IPO) Pada PerusahaanGo Public,Vol. 1. No. (ISNN 2580-1767).

Aryapranata, E. K., & Adityawarman, A. (2017).Pengaruh Reputasi Auditor, ReputasiUnderwriter,dan Persentase Free Float terhadap Tingkat Underpricing padaInitial Public Offering(StudiEmpiris pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2014)(Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Indriani, S., & Marlia, S. (2015).The evidence of IPO underpricing in Indonesia2009-2013.Review ofIntegrative Business and Economics Research,4(1), 299.

Lestari, Analisis Faktor-Faktor yang MempengaruhiUnderpricingSaham Pada Penawaran UmumPerdana di BEIperiode 2012-2014 (Studi pada perusahaan yang melaksanakan IPO di Bursa EfekIndonesia 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).

Linazah, N. L., & Setyowati, T. (2015). Faktor-Faktor yang MempengaruhiUnderpricingPadaPerusahaan yang Melakukan Penawaran Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia.JurnalManajemen dan Bisnis Indonesia,1(1).

Pahlevi, R. W. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing saham pada penawaransaham perdana di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Siasat Bisnis,18(2), 219-232.

Puspita, R. I., & Daljono, D. (2014).Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing pada saatInitial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012(Doctoral dissertation,Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Rastiti, F., & Stephanus, D. S. (2016). Studi Empiris Tingkat Underpricing pada Initial PublicOffering.Jurnal Akuntansi Multiparadigma,6(3), 493-503.

Risqi, I. A., & Harto, P. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Ketika InitialPublicOffering (IPO) Di Bursa Efek Indonesia.Diponegoro Journal of Accounting, 398-404.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i1.7848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Atikah Apriliani, Zulpahmi Zulpahmi, Sumardi Sumardi


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi