Analisis jaringan sosial: studi pada pedagang mikro dan kecil di pasar tradisional waingapu

Maklon Felipus Killa, Alfons Ndamung Ratukani

Abstract


Tingkat persaingan dalam era revolusi industri 4.0 menuntut semua level usaha untuk dapat bertahan dan berkembang secara berkelanjutan dengan memiliki dan memanfaatkan modal sosial yang dimiliki. Jaringan sosial memungkinkan pelaku usaha untuk mengakses infomasi dan sumberdaya untuk meningkatkan kinerja usaha. Dalam kenyataannya, jumlah pelaku usaha mikro dan kecil di pasar tradisional mengalami penurunan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat modal sosial meliputi kedekatan relasi dalam jaringan sosial usaha mikro kecil di kota Waingapu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis Jaringan Sosial untuk mendeskripsikan tingkat sentralitas, dan kedekatan berbagai aktor dalam jaringan sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa jaringan sosial antar pedangan usaha mikro dan kecil di Pasar Inpres Matawai-Waingapu cukup baik, yang ditandai dengan adanya relasi yang kuat antar pelaku usaha mikro dan kecil dalam jaringan


Keywords


Modal social; analisis jaringan social; derajat sentralitas; derajad kedekatan

References


Akintimehin, O. O., Eniola, A. A., Alabi, O. J., Eluyela, D. F., Okere, W., & Ozordi, E. 2019. Social capital and its effect on business performance in the Nigeria informal sector. Heliyon, 5(7): e02024.

BPS. 2019. Profil Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

De Nooy, W., Mrvar, A., & Batagelj, V. 2005. Exploratory Network Analysis with Pajek. Cambridge, New York: Cambridge University Press.

Ferdinand, A. T., & Killa, M. F. 2018. The Pareto Sales Network Asset: A Networked Power Perspective. Business: Theory and Practice, 19(0): 103-113.

Franco, M., Haase, H., & Pereira, A. 2016. Empirical study about the role of social networks in SME performance. Journal of Systems and Information Technology, 18(4): 383-403.

Fuller, T., & Tian, Y. 2009. Social and Symbolic Capital and Responsible Entrepreneurship: An Empirical Investigation of SME Narratives. Journal of Business Ethics, 67: 287-304.

Ghahtarani, A., Sheikhmohammady, M., & Rostami, M. 2019. The impact of social capital and social interaction on customers’ purchase intention, considering knowledge sharing in social commerce context. Journal of Innovation & Knowledge.

Giraud, G., & Renouard, C. 2009. Relational Capability: An Indicator of Collective Empowerment, Document de Recherche ESSEC: DR 09012.

Growiec, K., Growiec, J., & Kamiński, B. 2018. Social network structure and the trade-off between social utility and economic performance. Social Networks, 55: 31-46.

Hanneman, R. A., & Riddle, M. 2005. Introduction to social network methods. Riverside CA: University of California.

Hauberer, J. 2010. Social Capital Theory: Toward a Methodological Foundation. Germany: VS Research.

Jacobs, J. 1961. The Death and Life of Great American Cities. London: Penguin Books.

Kenny, B., & Fahy, J. 2011. SMEs' Networking Capability and International Performance. 17: 199-376.

Litterio, A. M., Nantes, E. A., Larrosa, J. M., & Gómez, L. J. 2017. Marketing and social networks: a criterion for detecting opinion leaders. European Journal of Management and Business Economics, 26(3): 347-366.

Partha, D., & Serageldin, I. 2000. Social Capital: A Multifaceted Perspectives. Washington DC: IBRD.

Pratono, A. H. 2018. From social network to firm performance. Management Research Review, 41(6): 680-700.

Prell, C. 2012. Social Network Analysis: History, Theory and Methodology.

Westlund, H., & Bolton, R. 2003. Local Social Capital and Entrepreneurship. Small Business Economics, 21: 77-113.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v22i2.7743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Maklon Felipus Killa, Alfons Ndamung Ratukani


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi