Pengaruh tata ruang kantor terhadap efektifitas kerja pegawai pada dinas koperasi perindustrian dan perdagangan kota bima

Rilla Mawarni, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tata ruang kantor terhadap efektifitas kerja pegawai pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif, dengan sampel 37 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Instrumen peneitian menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Teknik pengumpulan data dengan cara kuisioner, observasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, korelasi sederhana, Uji determinasi dan uji t (dua pihak). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tata ruang kantor memiliki pengaruh signifikan terhadap efektifitas kerja yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar 4,084 dan Sig 0,000. Tingkat pengaruh tata ruang kantor terhadap efektifitas kerja pegawai pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima dalam kategori sedang.


Keywords


Tata ruang kantor; efektifitas kerja

References


Anggraeni, Widi dan Yuniarsih, Tjutju. (2017). Dampak Tata Ruang Kantor Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 2 (2) : 105-112.

Handoko, T. Hani. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Nitisemito, Alex. (2014). Manajemen Personalia. Edisi Revisi, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suratno, Agus dan Yuana, Mari. (2014). Pengaruh Penataan Layout Kantor Terhadap Efektifitas Kerja Karyawan bagian Umum dan Kepegawaian Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa tengah. Jabpi, 22 (1) : 1-9.

Sulaefi. (2018). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Budaya Organisasi dan Stres Terhadap Kepuasan Kerja Pendidik di Kabupaten Brebes. Jurnal Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 22 (2) : 186-204.

Tanjung, Hasrudy. (2016). Pengaruh disiplin kerja, kompetensi dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada dinas perkebunan sumatera utara. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 3 (1) : 111-122.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v22i2.7481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Rilla Mawarni, Muhammad Yusuf


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi