Analisis pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik makeover kota semarang

Nurul Imani Kurniawati

Abstract


Meningkatnya kesadaran wanita untuk mempercantik diri dengan penggunaan make-up, mengakibatkan laju perusahaan kosmetik di Indonesia terus bertumbuh, salah satunya kosmetik MakeOver untuk memproduksi dan menawarkan kosmetik dengan berbagai jenis produk dan harga yang bervariasi bertujuan menarik hati para konsumen khususnya konsumen wanita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana word of mouth dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik MakeOver kota Semarang. Data diperoleh dari kuesioner dengan tipe explanatory research. Jumlah sampe 100 responden konsumen MakeOver di Semarang, dengan teknik nonprobability sampling, metode purposive sampling. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan uji koefisien korelasi validitas, reliabilitas, koefisien determinasi, dan regresi yang diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan keputusan pembelian kosmetik MakeOver dipengaruhi oleh variabel word of mouth dan citra merek. Terdapat korelasi yang sangat kuat antara variabel word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Kenaikan atau penurunan pada variabel word of mouth dan citra merek akan mempengaruhi variabel keputusan pembelian.


Keywords


Word of mouth; citra merek; keputusan pembelian; perilaku konsumen; kosmetik

References


Alexander, Bastian Danny. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1

C. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Cooper, Donald R., dan Pamela, S. Schindler. 2006. Metode Riset Bisnis, Volume 1. Jakarta: PT Media Global Edukasi.

Hariandy, Wangean Riyanto. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol. 2, No. 3.

Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center for Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Joesyiana, Kiki. 2008. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4 (1): 71-85

Keller, Kevin Lane. 2000. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakara: PT Prenhallindo.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1.Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2012. Principles of Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Lista, Sari Rindang. 2014. Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal EMBA. Vol. 2. No. 2

Low, G.S dan Lamb, Ch.W. 2000. "The Measurement And Dimensionality of Brand Association". Journal of Product and Brand Management, Vol. 9 No.6, pp.350-368.

Paul, J. Peter dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen edisi 7. Jakarta: Indeks

Selvany. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan WOM (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercross Pada CV. Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 3, Hal 817-826

Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing. Austin: Greenleaf Book Group Press.

Simbolon. 2015. Pengaruh Brand Image I-Phone terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa FISIP USU.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Edisi Kedelapan. Bandung: CV Alfabeta.

Supriadi, Victor. 2013. Kualitas Produk, Merek Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Percetakan Mitra Card Di Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 4.

Susana, Erni. 2000. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Membeli Film Kamera Merek Fuji di Kotamadya Surabaya. Untag, Surabaya

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Tampinongkol, Vanessa Marsellina dan Yunita Mandagie. 2017. Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Manado Town Square. Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 4 : 2008 – 2017

Ubaidillah dan Nuraeni. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sketsa Bisnis, 1 (2) : 49-60

Wicaksono dan Seminari. 2016. Pengaruh Iklan dan Word Of Mouth Terhadap Brand awareness Traveloka. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 8.

http://www.makeoverbeauty.com/ di akses pada tanggal Maret 2019

www.indonesia-investments.com/ di akses pada tanggal Juni 2019




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v22i2.7449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Nurul Imani Kurniawati


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi