Pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen

Tatum Artha, Sarmi Sardi

Abstract


Pendekatan yang sering diambil oleh peritel dalam meningkatkan jumlah, kepuasan dan loyalitas pengunjung adalah melalui bauran ritel. Bauran ritel adalah variabel keputusan ritel yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Bauran ritel juga digunakan untuk mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: [1] Menganalisis pengaruh bauran ritel pada 212 konsumen mart; [2] Menganalisis pengaruh bauran ritel terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen 212 Mart; Penelitian ini dirancang deskriptif-kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui distribusi kuesioner online dengan skala pengukuran skala linkert. Sampel atau responden ditentukan oleh 100 responden. Analisis data teknis menggunakan regresi berganda.


Keywords


Bauran ritel; kepuasan konsumen; loyalitas; minimarket; 212 mart

References


SOLIHA, Euis. Analisis industri ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 2008, 15.2.

RUSTAM, Citra Dwi Setiawati; OCTAVIA, Damayanti. Consumer Preference Analysis on Choosing Minimarket with Convenience Store Concept in Bandung (Study in Circle K, Indomaret and Alfamart in 2014). In: Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM). 2015. p. 200-207

RAF, Mulyadi. Pengaruh faktor-faktor memotivasi konsumen berbelanja terhadap keputusan konsumen berbelanja di pasar modern kota jambi. Digest Marketing, 2012, 1.1.

ADJI, Pricilia. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2013, 1.2: 1-10. PUTRA, Alfa Santoso Budiwidjojo. Pengaruh Retail Marketing Mix terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2012, 7.2: 97-113.

RUSTAM, Citra Dwi Setiawati; OCTAVIA, Damayanti. Consumer Preference Analysis on Choosing Minimarket with Convenience Store Concept in Bandung (Study in Circle K, Indomaret and Alfamart in 2014). In: Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM). 2015. p. 200-207

RUSTAM, Citra Dwi Setiawati; OCTAVIA, Damayanti. Consumer Preference Analysis on Choosing Minimarket with Convenience Store Concept in Bandung (Study in Circle K, Indomaret and Alfamart in 2014). In: Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM). 2015. p. 200-207

Ma’ruf, Hendri. Pemasaran Ritel.Jakarta: Gramedia Pustaka. 2006

ADENIYI, Esther. The impact of building customer loyalty as a means of sustaining continuous organisation growth in the highly competitive UK retail market. 2009.

MUNIR, M. Misbakhul; DIRGANTARA, I. Analisis Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian pada Mini Market Permata Di Kecamatan Balapulang. 2011. PhD Thesis. Universitas Diponegoro.

MARYAMA, Siti; SUJATNA, Yayat. Retail Mix Dan Kepuasan Konsumen Minimarket. Liquidity, 2018, 7.1: 53-62.

Ma’ruf, Hendri. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2006

Levy, Michael & Weitz, Barton A., Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin. 2009.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin. 2009.

ADJI, Pricilia. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2013, 1.2: 1-10. PUTRA, Alfa Santoso Budiwidjojo. Pengaruh Retail Marketing Mix terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2012, 7.2: 97-113.

LEVY, Michael & Weitz, Barton A., Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin. 2009.

ADJI, Pricilia. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2013, 1.2: 1-10. PUTRA, Alfa Santoso Budiwidjojo. Pengaruh Retail Marketing Mix terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2012, 7.2: 97-113.

KOTLER, Phillip, Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga. 2009.

PUSPITASARI, D. Analisis pengaruh persepsi kualitas dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang (studi kasus pada maskapai penerbangan Garuda keberangkatan Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

UMAR, H., Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama. 2000.

Tjahyadi RA. Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Krakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen Maranatha. 2010 Dec 13;6(1):65-78.

Woro M, Naili F. Pengaruh nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan, melalui kepuasan pelanggan pada pelanggan bus efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis. 2013 Mar 29;2(1).

Ma’ruf, Hendri. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2006

Setiawan Effendy A. Pengaruh Retail Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Musik Melodia Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran. 2013 Jul 4;1(2):1-1




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v22i1.6675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tatum Artha, Sarmi Sardi


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi