Kinerja karyawan: motivasi dan disiplin kerja pada pt asahi indonesia

Raniasari Bimanti Esthi, Yustia Nadia Marwah

Abstract


PT. Asahi Indonesia, merupakan perusahaan manufacturing yang sedang berkembang pesat. Perusahaan komponen alat berat yang tergabung dalam group Asahi Rubber yang terdiri dari 12 perusahaan se-Asia dan Amerika berstandar ISO. Secara keseluruhan sistem peraturan di PT. Asahi Indonesia sudah baik tetapi di PT. Asahi Indonesia diduga, terdapat tingkat motivasi kerja karyawan yang kurang membawa pengaruh terhadap kinerja karyawan. Banyak karyawan yang kurang disiplin dalam melakukan pekerjaannya seperti terlambat masuk ruang produksi dan istirahat melebihi waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Untuk itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT.Asahi Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Asahi Indonesia, sedangkan metode yang digunakan dalam sampling yaitu dengan menggunakan teknik Non Probability sampling atau sampel jenuh berjumlah 80 responden. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka, sedangkan metode analisa data penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung (2,746) > ttabel (1,991). Jika thitung > ttabel. Disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dengan thitung (2,685) > ttabel (1,991). Nilai R2 pada penelitian ini sebesar diperoleh sebesar 0,247. Hal ini berarti 24,7% motivasi dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Sedangkan sisanya yaitu 75,3% kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Motivasi; disiplin kerja; kinerja karyawan

References


Amalia, syarah dan Mahendra Fakhri. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gramedia Asri Media Cabang Emerald Bintaro. Jurnal Computech & Bisnis, Vol 10 No.2 hal 119-127.

Hamdani R. Harahap. 2015. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Lingkungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara. Jurnal Administrasi Publik, Vol 3 No.1 hal 1-20.

Ismulyaty, Sri dan Etty Puji Lestari. 2017. The Determinants of Learning Orientation and Motivation on Employee Performance. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 7, No. 4,hal 248-251.

Juhana, Dudung Haryati. 2013. Pengaruh Motivasi, Disiplin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi.Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol 7 No.2 hal 84-94.

Presilawati, Febyolla. 2016. Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Visioner & Strategis, Vol 5 No.2 hal 83-94.

Priyatno, D. 2016. SPSS Handbook Analisis Data, Olah Data & Penyelesaian Kasus-kasus Statistik. Yogyakarta: Mediakom

Priyono, Marzuki, Soesatyo. 2016. Influence Of Motivation And Discipline On The Performance Of Employees (Studies On, CV Eastern Star Home In Surabaya). Journal Of Global Economics, Management And Business Research, Vol 5 No.3 hal 212-220.

Ranu, S & Sutopo. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Tata Kota Dan Perumahan Kota Semarang. 44/TH.XXIII, 2016 Oktober, hal 65-77.

Rivai, V. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, P Stephen. 2007. Perilaku Organisasi. Indonesia: PT Macanan Jaya.

Robescu, Ofelia dan Alina-Georgiana Iancu. 2016. The Effects of Motivation on Employees Performance in Organizations. Valahian Journal of Economic Studies, Vol. 0(0), Issue 0.

Suparno, Sudarwati. 2014. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Pendidikan Sragen. Jurnal Paradigma, Vol 12 No.1 hal 12-25.

Soelton, Mochamad. 2018. How Culture, Training Standard and Dicipline on the Employee Performance Affect Hotel Management. European Research Studies Journal, Vol XXI, Issue 4, hal 378-385.

Syafrina, Nova. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Suka Fajar Pekanbaru. Jurnal Eko & Bisnis ( Riau Econimics and Business Review), Vol 8 No. 4 hal 1-12.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v22i1.6654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Raniasari Bimanti Esthi, Yustia Nadia Marwah


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi