Pengaruh profitabilitas terhadap prediksi kebangkrutan (financial distress) dengan struktur modal sebagai variabel moderating

Khusnul Khotimah, Indah Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuankuntuk tujuankpenelitian ini yakni untukmmengetahui pengaruhpprofitabilitas terhadap prediksi kebangkrutan. Moderasi ModalpKerja jarang dilakukan oleh penelitian lain. Serta mengetahui apakah perusahaan pada indutri semen berpotensi mengalami kebangkrutan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 4 perusahaan yang tergabung pada Sub Sektor Semen yang tergabung pada BEI (Bursa Efek Indonesia). Metode analisis yang digunakan adalah metode statistic deskriptif dengan alat analisis Moderated Regretion Analyze. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan dari variabel ROA terhadap prediksi kebangkrutan. Variabel DER mampu memoderasi hubungan ROA dengan kebangkrutan. Dengan menggunakan model Atlman Z-Score dapat diketahui bahwa dari kelima sampel penelitian terdapat 3 perusahaan yang tergolong sehat, satu perusahaan tergolong grey, dan satu perusahaan yang berpotensi bangkru

Keywords


Profitabilitas; roa; prediksi kebangkrutan; financial distress; der

References


Alfinda Rohmadini dkk. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Financial Distress. Jurnal Adminstrasi Bisnis (JAB), Vol. 61 No. 2 Agustus.

Aly Jaya. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Rasio Likuiditas Terhadap Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan jasa sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014).

Andre Vici Ardian, dkk. (2016). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Aktifitas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Financial Distress (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015).

Dwi Rafika Rani. (2017). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Agency Cost Dan Sales Growth Terhadap Kemungkinan Terjadinya Financial Distress. JOM Fekon Vol. 4 No. 1 (April).

Fataya Manika dkk. (2017). Analisis Financial Distress Perusahaan Semen Di Bei Periode 2011-2015 (Studi Kasus pada PT. Indocement Prakarsa Tbk, PT. Holcim Indonesia Tbk, dan PT. Semen Indonesia Tbk). Jurnal ilmu manajemen dan bisnis, Vol. 5, No. 2-September 2017

Fifi Marfungatun. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage dalam Memprediksi Financial Distress perusahaan manufkatur yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

Khirstina Curry dan Erliana Banjarnahor. (2018). Financial Distres pada perusahaan sektor property go public di Indonesia. Seminar Nasional Pakar ke 1 tahun 2018 Prgram Diploma Tiga Akuntasi Sektor Publik (ASP).

Orina Andre. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Dalam Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Aneka Industri yang Terdaftar di BEI).

Oriana Andre dan Salma Taqwa. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage dalam Memprediksi Financial Distress. Jurnal WRA, Vol 2, No 1, April.

Rasky Amelia Safitri dan Seto Sulakso Adi Wibowo. (2016). Pengaruh Komponen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI.

Srikalimah. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Dalam Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013). Jurnal Akuntasi & Ekonomi FE UN PGRI Kediri.

Syamsul Bakhri,dkk. (2018). Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016.

Yogi Ginanjar. (2018). Financial Distress Pada Perspektif Operating Capacity, Profitabilitas Dan Leverage (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015).




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v22i1.6510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Khusnul Khotimah, Indah Yuliana


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi