Pengaruh pengeluaran pemerintah pada bidang infrastruktur pendidikan dan kesehatan terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi kalimantan timur

Safira Safira, Sjamsu Djohan, Nurjanana Nurjanana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: 1) pengaruh pengeluaran pemerintah bidang infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur, 2) pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur, 2) pengaruh pengeluaran pemerintah bidang kesehatan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pengeluaran pemerintah bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2004-2016. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linier berganda. Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan analisis adalah IBM SPSS Versi 21.00. Hasil analisis menunjukkan 1) pengeluaran pemerintah bidang infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur berpengaruh negatif dan signifikan, 2) pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur berpengaruh positif dan signifikan, 3) pengeluaran pemerintah bidang kesehatan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur berpengaruh positif dan signifikan.


Keywords


Pengeluaran pemerintah bidang infrastruktur; pengeluaran pemerintah bidang pendidikan; pengeluaran pemerintah bidang kesehatan; pertumbuhan ekonomi

References


Adisasmita, Rahardjo. 2013. Teori-Teori Pembangunan Ekonomi Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Agus, Salim. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Anggareini, Merlin. 2017. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan, Kesehatan, Dan Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1970-2015. Universitas Negri Yogyakarta.

Ardiansyah. 2015. Manajemen Transportasi dalam kajiandan Teori, Cetakan Pertama. Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. Jakarta.

Arsyad, Lincolin (2004), Ekonomi Pembangunan, Bagian Penerbitan STIE – YKPN, Yogyakarta.

Astri, Meylina. 2013. Pengeluaran Pemerintah Daerah Pada Sektor Pendidikan dan Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia. Fakultas Ekonomi UNJ. Jakarta. Skripsi di Publikasikan.

Badri, Sutrisno. 2012. Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Penerbit: Ombak (Anggota IKAPI), Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2015. Samarinda Dalam Angk 2000-2014. Samarinda.

Baswir, Revrison. 2003. Drama Ekonomi Indonesia: Belajar dari Kegagalan Ekonomi Order Baru. Kreasi Wacana: Yogyakarta.

Baum, Donald and Shuanglin Lin. 1993. “ The Differential Effects on Economic Growth of Government Expenditure on Education, Welfare and Defense”. Journal of Economic Development, Vol.18 No.1 h 175-188.

Boediono, 1992. A Compheresive System Financing Education, Vol IV. EPP-USAID. Yogyakarta.

Boediono, 1999. Teori Petumbuhan Ekonomi. BPFE: Yogyakarta.

Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan. CV Pustaka Setia: Bandung

Dumairy. 1999.Perekonomian Indonesia. Erlangga: Jakarta.

Fachrudin. 2017. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto Dan Kemiskinan di Kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman.

Ikhsantono. 2009. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Pada Sektor Transportasi Terhadap Pertumbuhan Sektor Transportasi di Kota Medan. Universitas Sumatra Utara.

Juanita. 2002. Kesehatan dan Pembangunan Nasional. Tesis magister AKK FKM USU. Medan.

Khalifah. 2014. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Indeks Pembangunan Manusia Kota Bontang Tahun 2010 Skripsi. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Khoirul. 2013. Analisis Produktivitas Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Di Kabupaten Semarang, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Morlok. 2000. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi , Penerbit Erlangga, Jakarta, Teknik Mesin, Institut Teknologi Bandung.

Nasution. 2008. Manajemen Transportasi Edisi Ketiga, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nisfianoor, Muhammad. 2009. Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial, Salemba Humanika, Jakarta.

Rahmasari, Hardianti. 2015. PengaruhTransportasi Kota Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, Edisi 1, Cetakan Kedua. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Suryana, 2000a, Ekonomi Pembangunan: Problematika dan Pendekatan, Jakarta:

Salemba Empat.

Suparno, Heri. 2014. Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Kesehatan dan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Pembangunan Manusia di Provinsi Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman. 5: 1-22.

Sutiawan, Wawan. 2016. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, Kesehatan Dan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Samarinda. Universitas Mulawarman.

Soediyono, H. Rachmat. 2003. Azas dan Dasar Perpajakan. Erosco: Bandung.

Todaro, M.P. dan Smith, S.C. 2006. Pembangunan Ekonomi. Jilid I Edisi Kesembilan. Haris Munandar (penerjemah). Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v21i2.5931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Safira Safira, Sjamsu Djohan, Nurjanana Nurjanana


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi