Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda

Fatur Rahman, Pamasang S. Siburian, Gusti Noorlitaria A

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Green Product (X1), Green Price (X2), Green Place (X3), Green Promotion (X4) terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware di Samarinda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 5,994 + 0,264X1 + 0,395X2 + 0,383X3+ 0,334X4. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung (5,748>Ftabel 2,479) yang artinya variabel Green Product (X1), Green Price (X2), Green Place (X3), Green Promotion (X4) terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware di Samarinda. Hasil uji t menujukkan bahwa nilai korelasi parsial variabel Green Product (X1) sebesar 0,922 dengan nilai thitung (2,440) > ttabel 1,985 ) dan signifikan 0.000. Artinya dilihat dari nilai korelasi parsial sebesar 0.922 atau 92,0 % bahwa variabel Green Product (X1),  menjadi faktor yang dominan mempengaruhi variabel Keputusan Pembelian (Y).

Kata Kunci: Green Product, Green Price, Green Place, Green Promotion dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Antara News. 2014. Survei WWF Masyarakat Minta Caleg Peduli Lingkungan.

http://www.antaranews.com/berita/418734/ diakses tanggal 22 Februari 2016.

Ayu, Nusryamsi. 2013. Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Perumahan PT. Asta Karya [Ekanbaru. FE UR. Pekanbaru.

Dwi, Risna dan Kumadji, Srikandi. 2015. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). FIA UB. Malang.

Hashem, Tareq N & Al – Rifai. The influence of applying green marketing mix by chemical industries companies in three Arab States in West Asia on consumer’s mental image. Vol. 2 No. 3

Junaedi, M.F.S. 2005. Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli Produk Hijau : Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Benefit, vol. 9, No. 2, Desember, pp :189-201.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke XII, jilid kedua. Erlangga. Jakarta.

Lozada, H.R. 2000. Ecological Sustainability and Marketing Strategy : Review and Implication. Seton Hall University.

Queensland Government, 2002. Green Marketing- The Competitive Advantage of Suistainability. www.epa.qld.gov.au/sustainable_industries.

Riyadi, Minggar. 2012. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pelumas Sepeda Motor Endure 4T Studi Pada Pelumas Sepeda Motor Endure 4T Pertamina Jawa Bagian Tengah. FEB UDN.

Romadon, Yusuf dan Kumadji, Srikandi. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Brand Image Dan Struktur Keputusan Pembelian. FIA UB. Malang.

Seftipani, Riska dan Achmadi, Fuad. 2014. Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan Dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian. FTP UB. Malang.

Stevanie, Cicilia. 2012. Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Pada Ades (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University). Bandung.

Sugiyono, 2000. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua. CV. Alfa Beta. Bandung.

Suharno dan Sutarso, Yudi. 2013. Marketing in Practice. CV. Sary Card. Samarinda.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi ketiga. Andi offset. Yogyakarta.

Tupperware Indonesia. 2013. Produk-produk Tupperware. www.tuperware.co.id diakses pada tanggal 8 Februari 2017




DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v19i1.2118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Fatur Rahman, Pamasang S. Siburian, Gusti Noorlitaria A


Crossref logo 

Editorial Address

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi