Analisis identifikasi permasalahan koperasi politeknik balikpapan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota

Hasto Finanto, Totok Ismawanto

Abstract


Tujuan utama penelitian ini, adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan dari Koperasi Politeknik Balikpapan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota serta untuk mengetahui bagaimana prospek koperasi tersebut dimasa mendatang. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah terakumulasinya kekecewaan anggota sehingga banyak menyatakan mundur dari keanggotaan koperasi Politeknik Balikpapan, dan berakibat roda organisasi nyaris tidak berputar. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian adalah Koperasi Politeknik Balikpapan dengan obyek penelitian pengurus dalam melakukan tata kelola koperasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif tahapan Miles dan Huberman yakni, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification).


Keywords


Tata kelola keuangan; akuntabel; komitmen; prospek

References


Barata.Atep Aditya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo.

Burhanuddin. 2018. Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Bersama Palu. Jurnal Sinar Manajemen Volume 5 No. 2.

Cangara.Hafid. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.Balai Pustaka.

Dewi.Nining Nurma. 2017. Pengaruh Kredit, Inovasi, Dan Manajemen Usaha Terhadap Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 17, No. 2, 2017 : 29 – 34

Hanafi. Mahduh. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta. UPP AMP YKPN, Edisi 2.

Maharani. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. E-Journal Undip. Oktober 2010

Moleong.Lexy. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta. UI Press.

Mubarok.Nurul. 2018. Analisis Identifikasi Masalah Utama Koperasi Di Kabupaten Banyuasin Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Anggota. I-Economic Vol. 4. No 2.

Mustangin.2018. Hasil Pemberdayaan Masyarakat Oleh Koperasi Sebagai Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Petani Daerah Cepogo. Social Work Jurnal Vol. 8. No 1.

Richard L Daft. 2007. Era Baru Manajemen. Jakarta.Salemba Empat.hal.265

Rohmat.Aji Basuki. 2015. Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Koperasi Dalam Undang-Undang Koperasi (Studi Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 dan Undang-Undang No.17 Tahun 2012). Jurnal Pembaharuan Hukum Volume II No. 1 Januari - April 2015.

Saefulloh.Eef. 2018. Peran Koperasi Dalam Mewujudkan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam Vol. 3, No. 2.

Sarwoto. 1978. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Bogor. Galia Indonesia.

Sitepu. 2018. Perkembangan Ekonomi Koperasi di Indonesia. Niagawan Vol 7 No 2 Juli 2018.

Soekarno. 1986. Dasar- Dasar Manajemen. Jakarta. Miswar

Susilawetty, Karna Supena. 2013. Peran Koperasi Serba Usaha Mutiara Mandiri Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah WIDYA Volume 1 Nomor 1 Mei-Juni 2013.

Sutedi.Adrian. 2009. Implikasi Hukum Atas Sumber Pembiayaan Daerah, Dalam Kerangka Otonomi Daerah. Jakarta.Sinar Grafika.

Undang-Undang No. 11 tahun 2009. Tentang Kesejahteraan Sosial.

Undang-Undang No. 17 Tahun 2012. Tentang Perkoperasian.

Yuwono.Sony. 2005. Penganggaran Sektor Publik, Pedoman Praktis Penyusunan, Pelaksanaan, dan Pertanggungjawaban APBD Berbasis Kinerja. Malang. Bayumedia Publishing.

Zurnali C. 2010. Sumber Daya Manusia Masa Depan. Bandung. Unpad Press.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.7761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hasto Finanto, Totok Ismawanto


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan