Pengaruh investment opportunity set, kinerja keuangan, dan intangible asset terhadap nilai perusahaan

Ryan Ariesco Wijaya, Tarsisius Renald Suganda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh IOS, profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan intangible asset terhadap nilai perusahaan. Teori sinyal digunakan dalam penelitian ini untuk menghubungkan variabel dependen dengan variabel independen. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa IOS, profitabilitas, solvabilitas, dan intangible asset berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pada lima subsektor manufaktur Indonesia, antara lain makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, dan elektronika yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Kelima subsektor tersebut dipilih sebagai populasi penelitian karena menjadi prioritas pengembangan proyek pemerintah Making Indonesia 4.0 pada tahap awal. Jumlah sampel penelitian yang digunakan setelah diseleksi adalah 43 perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang didapat melalui website BEI dan website pribadi perusahaan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IOS dan solvabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sehingga kedua hipotesis berikut diterima. Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sehingga hipotesis tersebut ditolak. Likuiditas dan intangible asset tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sehingga kedua hipotesis ditolak.


Keywords


Ios; kinerja keuangan; intangible asset; nilai perusahaan

References


Apriada, K., & Suardhika, M.S. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal, dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol 5. No. 2., pp. 201-218.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2017). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Basuki, A. T., &Yuliadi, I. (2015). Ekonometrika Teori & Aplikasi.Yogyakarta: Mitra Pustaka Nurani.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Christensen, H.B., & Nikolaev, V.V. (2013). Does Fair Value Accounting for Non-Financial Assets Pass the Market Test? Review of Accounting Studies, Vol. 8 No. 3, pp. 734-775.

Eisfeldt, A.L., & Papanikolaou. (2013). Organization Capital and The Cross of Expected Returns. The Journal of Finance.Volume 68, Issue 4.

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Ke-5. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firnanda, T., & Oetomo, H. W. (2016). Analisis Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Perputaran Persediaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5 No. 2.

Hani, S. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS.

Harmono. (2017). Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard, Edisi Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, N. (2015). Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansia, Vol. 19. No. 3.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2017. Dewan Standar Keuangan Indonesia: PT. Raja Grafindo.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Kesembilan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kanda, R. (2014). Window Dressing in Financial Practices. Journal of Business and Management, Vol. 8, pp. 63-71.

Kombih, M. T. A., & Suhardianto, N. (2017). Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Kinerja Keuangan Dan Intangible Asset Terhadap Nilai Perusahaan. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.1 No. 32.

Munawir, S. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Pertiwi, P. J., Tommy, P., & Tumiwa, J. R. (2016). Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, Vol. 4 No. 1, pp. 1369-1380.

Putra, A.A.N.D.A., & Lestari, P.V. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 7.

Riduwan, A., & Suffah, R. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Kebijakan Dividen pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5 No. 2.

Sartono, A. (2015). Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Sawir, A. (2015). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Septiyuliana, M. (2016), Pengaruh Modal Intelektual dan Pengungkapan Modal Intelektual pada Nilai Perusahaan yang Melakukan Intial Public Offering. Simposium Nasional Akuntansi 18 Universitas Sumatera Utara, Medan.

Suartawan, I., & Yasa, G. W. (2016). Pengaruh Investment Opportunity Set Dan Free Cash Flow Pada Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 14 No. 3, pp. 2014-2044.

Sudaryo, S., & Purnamasari, D. (2019). Pengaruh Return on Assets, Debt to Equity Ratio, dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Ekonam, Vol. 1 No. 1, pp 15-26.

Sudiani, N.K.A., & Wiksuana, I.G.B. (2018). Capital Structure, Investment Opportunity Set, Dividend Policy and Profitability as a Firm Value Determinants. RJOAS, Vol. 9 No. 81.

Suwardika, I. N., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6 No. 3, pp. 1248-1277.

Trisnajuna, M., & Sisdyani, E. A. (2015). Pengaruh Intangible Asset dan Biaya Penelitian dan Pengembangan Terhadap Nilai Pasar dan Kinerja Keuangan Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 13 No. 3, pp. 888-915.

Widhiastuti, N. L. P., & Latrini, M. Y. (2015). Pengaruh Return on Asset dan Intangible Asset Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 11 No. 2, pp. 370-383.

Wiyono, G., & Kusuma, H. (2017). Manajemen Keuangan Lanjutan Berbasis Corporate Value Creation. Yogjakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.7519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ryan Ariesco Wijaya, Tarsisius Renald Suganda


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan