Analisis perbandingan kepuasan pelanggan antara ilo peta dengan foodbox

Adhi Nurrahman Pratama, Ita Purnama

Abstract


Maksud penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana perbedaan tingkat kepuasan pelanggan dalam berbelanja di Ilo Peta dan Foodbox Kota Bima. Sedangkan sampel penelitian adalah 30 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sempel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan Uji Validitas Dan Uji Realibilitas, Teknik analisis T-test independent (seprated varians), T-test independent (polled varians ) dan alat analisis yang di gunakan adalah SPSS 22,0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ditemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pelanggan Ilo peta dan Foodbox kota bima. Dalam penelitian ini di ketahui n1 = n2 sehingga di gunakan rumus t test seprated varians.  Nilai ttabel dapat di hitung dengan menggunakan dk=n-2 (30-2= 28) dengan derajat kesalahan 5 %, maka di peroleh nilai ttabel = 1,70113, karena nilai thitung lebih kecil dari ttabel (-2,76 < 1,70113) maka jatuh pada daerah penerimaan H0 artinya H0 terima dan Ha di tolak. Hal tersebut menjawab dan membuktikan hipotesis Nol (H0) yang menyatakan bahwa Tidak Terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pelanggan pada Ilo peta Kota Bima dan Foodbox Kota Bima

Keywords


Kepuasan pelanggan; ilo peta; foodbox

References


Amirullah , 2013. Metodologi Penelitian Manajemen. Malang : bayumedia.

Akdon dan Riduwan. (2008). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika, Bandung : Alfabeta Fandy Tjiptono, 2008, Strategi Pemasaran. Yogyakarta, ANDI.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.

Galla, Felisiana Bandong Dan Rr Rieka F. Hutami. 2017. Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar Dan Listrik Pasca Bayar Di Pt Pln (Persero) Distribusi Jawa Barat Dan Banten Rayon Bandung Selatan. e-proceeding of management : vol.4, No. 1 April 2017, hal-229

Heru Andika dan Shinta Wahyu Hati. 2018. Analisis P erbandingan Kepuasan Pelanggan Antara Minimarket Indomaret Dengan Alfamart Di Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis. Vol. 6 No. 2 Desember 2018, 119-134.

Hatikarini Alinda .2016. Analisis perbandingan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pengiriman paket di pt. Pos indonesia (persero) dan jne kota semarang. Skripsi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas sultan ageng tirtayasa.

Herdian Armandhani Dan I Putu Gde Sukaatmadja. 2014. Analisis Perbandingan Brand Equity Produk Obat Anti Nyamuk Oles Merek Autan Dengan Merek Soffel Di Kota Denpasar. E Jurnal Manajemen 3 (1).

Kotler dan Keller, (2014). Marketing Managemen Edisi 14, Global Edition. Pearson Prientice Hall.

Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid Satu. Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip and Garry Armstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Mutia, Agustina Dan Lailatul Syafitri. 2017. Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan, Harga Jual Dan Kualitas Produk Belanja Online Dan Belanja Secara Langsung (Offline) Pada Mahasiswa Febi Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Repository uin sulthan thaha saifuddin.

Nurjanah Ahda. 2018. Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelanggan Antara Pelanggan Listrik Konvensional (Pascabayar) Dan Pelanggan Listrik Pintar (Prabayar) Study Kasus Di Desa Gegelang Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Negeri (Uin) Mataram.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.7502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adhi Nurrahman Pratama, Ita Purnama


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan