Strategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemic covid-19

Aprilia Puspasari, Popon Rabia Adawia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat strategi penjualan sepatu yang dilakukan dengan metode analisis SWOT. Penelitian diambil pada home industri.  Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik perusahaan serta wawancara dengan beberapa karyawan. Pengamatan atau observasi langsung ke lapangan guna melihat proses produksi dan mengidentifikasi proses penjualan. Dalam penelitian ini diperoleh hasil Penelitian bersangkutan dengan penjualan dan menganalisis mengenai strategi pemasaran  melalui pendekatan 4P (Product, Price, Place, and Promotion) serta menganalisa menggunakan analisis SWOT. Dengan maksud mengetahui hasil dari strategi penjualan yang digunakan, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan dalam melakukan penjualan, menetapan perbaikan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi UMKM dan usulan penggunaan media sosial sebagai sarana informasi penjualan. Metode yang digunakkan pada penelitian ini adalah deskripsi dengan  studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran dilakukan tetap menggunakan strategi lama dan tidak mengikuti perkembangan zaman, perbaikan strategi penjualan sesuai dengan kondisi perusahaan, penggunaan dan tampilan melalui media sosial sebagai salah satu strategi terpilih. sehingga konsumen mudah mengetahui berita terbaru mengenai produk yang dipasarkan serta penjualan, melalui ruang lingkup area atau wilayah yang lebih luas.


Keywords


Strategy penjualan; analisis swot; pemasaran

References


Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Erlangga.

Rahmayanti, H. (2015). SWOT Analysis in Determining The Marketing Strategy Of Frozen Shrimp PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, North Borneo. Galung Tropika, 4 No. 1, 60–67.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication (G. Pustaka (ed.)). 2009.

Sunyoto, D. (2014). Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen (2014th ed.). Yogjakarta, Buku Seru.

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Riset Bisnis Dan Manajemen, 4 N0. 3, 395–406.

Tjipytono, F. (2000). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer,. Andi, Yogjakarta.

Wicaksono, A. (2018). Strategi Pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1 No. 2(Politeknik APP Jakarta), 192–201.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v17i2.7465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AKUNTABEL

 

Indexing:

 

 

 

AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan pISSN: 0216-7743  eISSN: 2528-1135  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stat