Strategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemic covid-19
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat strategi penjualan sepatu yang dilakukan dengan metode analisis SWOT. Penelitian diambil pada home industri. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik perusahaan serta wawancara dengan beberapa karyawan. Pengamatan atau observasi langsung ke lapangan guna melihat proses produksi dan mengidentifikasi proses penjualan. Dalam penelitian ini diperoleh hasil Penelitian bersangkutan dengan penjualan dan menganalisis mengenai strategi pemasaran melalui pendekatan 4P (Product, Price, Place, and Promotion) serta menganalisa menggunakan analisis SWOT. Dengan maksud mengetahui hasil dari strategi penjualan yang digunakan, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan dalam melakukan penjualan, menetapan perbaikan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi UMKM dan usulan penggunaan media sosial sebagai sarana informasi penjualan. Metode yang digunakkan pada penelitian ini adalah deskripsi dengan studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran dilakukan tetap menggunakan strategi lama dan tidak mengikuti perkembangan zaman, perbaikan strategi penjualan sesuai dengan kondisi perusahaan, penggunaan dan tampilan melalui media sosial sebagai salah satu strategi terpilih. sehingga konsumen mudah mengetahui berita terbaru mengenai produk yang dipasarkan serta penjualan, melalui ruang lingkup area atau wilayah yang lebih luas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Erlangga.
Rahmayanti, H. (2015). SWOT Analysis in Determining The Marketing Strategy Of Frozen Shrimp PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, North Borneo. Galung Tropika, 4 No. 1, 60–67.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication (G. Pustaka (ed.)). 2009.
Sunyoto, D. (2014). Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen (2014th ed.). Yogjakarta, Buku Seru.
Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Riset Bisnis Dan Manajemen, 4 N0. 3, 395–406.
Tjipytono, F. (2000). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer,. Andi, Yogjakarta.
Wicaksono, A. (2018). Strategi Pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1 No. 2(Politeknik APP Jakarta), 192–201.
DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.7465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Aprilia Puspasari, Popon Rabia Adawia
Editorial Address
Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan